Bikin Penasaran, Berapa Lama Usia Baterai Mobil Listrik? Coba Cek di Sini

Sabtu 17-08-2024,15:12 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bikin penasaran, berapa lama usia baterai mobil listrik? Coba cek di sini.

Ketika berbicara tentang mobil listrik, salah satu komponen paling penting yang perlu diperhatikan adalah baterainya.

BACA JUGA:Itel P65 Resmi Meluncur di Indonesia, Gamers Muda Wajib Punya, Harga hanya Rp 1 Jutaan

Kapasitas baterai mobil listrik menentukan seberapa jauh mobil bisa melaju dengan sekali pengisian daya.
Untuk mendukung mobilitas tinggi, produsen mobil listrik saat ini kerap melengkapi mobilnya dengan baterai kapasitas besar.

Hal ini bertujuan agar daya tahan baterai mobil listrik dapat diperpanjang, memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa perlu sering mengisi daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Tak heran jika akhir-akhir ini, minat masyarakat dengan mobil listrik semakin meningkat. Hal ini didukung dengan kebijakan pemerintah mendorong transisi dari mobil konvensional ke mobil listrik yang lebih ramah lingkungan.

BACA JUGA:5 HP TECNO Model Terbaru Bulan Agustus 2024, Intip Jeroan dan Fitur Canggihnya

Karena itu, produsen mobil listrik berusaha keras mengembangkan teknologi lebih maju, termasuk dalam kapasitas baterai dan sistem kelistrikan.

Lantas, berapa usia baterai mobil listrik dan harga?

Usia Baterai Mobil Listrik

Disitat dari keterangan Wuling, usia dan ketahanan baterai mobil listrik bervariasi tergantung jenis dan konfigurasi kendaraan. Secara umum, rata-rata umur baterai mobil listrik berkisar antara 10-15 tahun atau setara 200 ribu kilometer.

Baterai mobil listrik rata-rata dapat diisi hingga sekitar 1.000 kali isi ulang penuh. Namun, setiap tahun umumnya terjadi penurunan kualitas baterai, meskipun masih dapat digunakan.

Baterai yang telah mencapai 1.000 kali pengisian penuh juga cenderung mengalami penurunan kinerja hingga sekitar 40 persen.

BACA JUGA:Punya Harga Selangit, Berapa Lama Usia Pemakaian Baterai Motor Listrik?

Umur dan daya tahan baterai mobil listrik juga bervariasi tergantung pada jenis kendaraan. Oleh karena itu, beberapa produsen kendaraan menawarkan garansi penggantian baterai mobil listrik secara gratis, tetapi dengan syarat pembayaran biaya berlangganan bulanan.

Kategori :