Jabat Menteri Investasi, Ini Profil dan Kekayaan Rosan Roeslani yang Mencapai Hampir Rp 1 Triliun

Selasa 20-08-2024,12:50 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

1. Sederet Jabatan 

Sebagai seorang pengusaha, Rosan pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia periode 2015-2021. 

Selama menjabat sebagai Ketua KADIN, dirinya pernah diganjar gelar kehormatan "The Order of Leopold of Belgium" sebagai pengakuan atas inovasi dan kontribusinya dalam memajukan hubungan perdagangan dan industri antara Indonesia dan Belgia.

Tidak hanya sebagai Ketua KADIN, Rosan juga pernah dipercaya untuk menempati beberapa posisi strategis seperti Penasihat Keuangan Asosiasi Koperasi Batik Indonesia (1997-2002) dan Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (2005-2008). 

BACA JUGA:Daftar Formasi CPNS Setjen DPR 2024, Simak Kualifikasi Pendidikan hingga Rentang Gaji

Hal tersebut dikarenakan pengalamannya dalam bidang keuangan dan kewirausahaan, sehingga membuat kariernya begitu cemerlang.

Selain berpengalaman di bidang keuangan dan kewirausahaan, Rosan juga pernah mendapatkan amanah dari pemerintah RI sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) pada tahun 2021.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin pagi (19/8/2024). (Foto:/Mentari Dwi Gayati)

2. Penghargaan Bergengsi

Di posisi ini, dirinya juga sempat mendapatkan penghargaan Henry G. Bennett Distinguished Fellow Award dari kampus almamaternya Oklahoma State University dan dihadiri oleh State Senator Oklahoma, Tom Dugger serta sekitar 60 civitas akademika kampus tersebut.

BACA JUGA:Spek Gahar, Intip Perbandingan Spesifikasi iPad Pro Vs iPad Air, Pilih yang Mana?

Kontribusi Rosan di bidang pendidikan, pelayanan publik, diplomasi, dan komitmen pada perdamaian global merupakan pertimbangan Oklahoma State University untuk memberikan Henry G. Bennet Award.

Rosan adalah penerima pertama penghargaan ini dalam 10 tahun terakhir. Penghargaan Henry G. Bennett diberikan kepada individu yang berkontribusi luar biasa pada Oklahoma State University, isu-isu global, kemanusiaan, ataupun pendidikan.

Penerima penghargaan ini sebelumnya termasuk mantan Perdana Menteri Republik Korea Dr. Duck-woo Nam, serta mantan Menteri Luar Negeri AS Jenderal Colin Powell dan Condoleezza Rice.

3. Dipercaya Jokowi dan Prabowo

Selain pernah menjabat sebagai duta besar, Rosan juga pernah terlibat dalam sejumlah inisiatif strategis pemerintah sebagai perwakilan sektor swasta utama, termasuk Ketua Satgas Cipta Kerja Omnibus Law Indonesia (2019-2021) dan Ketua Badan Penasihat Badan Arbitrase Nasional (BANI) (2019- 2021).

Kategori :