Gaji Pegawai Kementerian BUMN dan Besaran Nilai 5 Jenis Tunjangannya

Rabu 21-08-2024,18:00 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Berikut Daftar Instansi dengan Gaji Pegawai dan Tukin Tertinggi hingga Ratusan Juta Rupiah

Semua besaran gaji di atas dapat berbeda tergantung pada masa kerja dan jenis tunjangan yang diterima. Jadi, pastikan untuk memperhitungkan faktor-faktor tersebut.

Bagaimana, setelah melihat gaji pokok pegawai kementerian yang termasuk PNS, sangat kecil bukan?

Meski begitu, kesejahteraan hidup para pegawai tersebut tetap dijamin oleh pemerintah dengan diberikannya berbagai jenis tunjangan.

BACA JUGA:Rincian Lengkap Gaji PNS Kementerian Keuangan, Untuk Setiap Golongan I hingga IV

Berbagai Jenis Tunjangan Pegawai Kementerian

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa gaji pegawai kementerian tidak hanya sekadar gaji pokok, tetapi juga ada berbagai jenis tunjangan lainnya yang diberikan pemerintah untuk memastikan para pegawainya hidup sejahtera.

Berbagai jenis tunjangan tersebut, di antaranya yaitu tunjangan kinerja, tunjangan jabatan, tunjangan suami/istri, tunjangan anak, tunjangan kataloger dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Daftar Formasi CPNS Setjen DPR 2024, Simak Kualifikasi Pendidikan hingga Rentang Gaji

Namun, di pembahasan kali ini CekAja.com akan mengulas kelima jenis tunjangan di atas secara lengkap satu-persatu. Yuk, simak bersama-sama!

1. Tunjangan Kinerja

Jenis tunjangan yang pertama adalah tunjangan kinerja. Tunjangan ini diberikan pemerintah tentu tidak secara cuma-cuma.

Sebab, akan ada penilaian kinerja terlebih dahulu, terhadap para pegawai kementerian yang dilakukan berdasarkan tiga unsur, yaitu kehadiran, capaian kinerja dan kedisiplinan.

Dengan begitu, besaran nilai tunjangan yang diterima antar pegawai pun berbeda-beda. Apabila satu dari tiga poin tersebut ada yang tidak memuaskan, maka besaran tunjangan pun akan menurun.

BACA JUGA:Tes CPNS 2024 Resmi Dibuka, Intip Besaran Gaji CPNS 2024 Lulusan SMA/SMK dan Sarjana

Nilai tunjangan sendiri sifatnya fluktuatif atau naik turun, sesuai dengan kinerja setiap pegawainya. Namun, tunjangan tertinggi biasanya didapatkan oleh pegawai Kementerian Keuangan.

Kategori :