Waduh! 15 Jurusan Kuliah Ini Profesinya Bakal Tergantikan Oleh AI, Cek Jurusanmu Yuk

Sabtu 24-08-2024,11:42 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Alat yang digunakan di bidang teknik sipil dan industri termasuk Indus AI, Dusty Robotics, Civils AI, AirWorks, dan C3 AI.

BACA JUGA:Daftar Formasi CPNS KPK 2024, Terbuka untuk Lulusan SMA-S1, Ini Syarat Daftarnya

3. Teknologi Informatika

Pemrograman dan otomatisasi kini lebih efisien dengan AI, mengurangi kebutuhan pekerja manusia. Alat yang digunakan termasuk ChatGPT, Perplexity, Github CoPilot, Assembly AI, Tabnine, Zapier, AIOps, 10Web, dan Appy Pie.

4. Desain Grafis

AI mampu menciptakan desain grafis otomatis, mengurangi keterlibatan manusia. Alat yang digunakan antara lain Midjourney, DALL-E, Jasper Art, NightCafe, Wombo Art, Starry AI, dan Galileo.

5. Akuntansi

Tugas akuntansi seperti pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan dapat diotomatisasi menggunakan alat seperti Vic AI, Indy, Docyt, Booke AI, dan Truewind.

6. Pemasaran

Analisis data dan pemasaran digital dapat dilakukan oleh AI, mengurangi kebutuhan pekerja manusia dalam beberapa aspek pemasaran. Alat yang digunakan termasuk  ChatGPT, Albert AI, Zapier, Userbit AI, dan MarketingBlocks AI.

BACA JUGA:Cek di Sini! Link Beli Materai Elektronik untuk Daftar CPNS 2024 serta Cara Pasangnya

7. Administrasi

Tugas administrasi dan manajerial dapat dikelola oleh AI, mengurangi kebutuhan pekerja manusia. Alat yang digunakan antara lain Jasper AI, Lovo AI, Fireflies, Pictory, dan Murf.

8. Jurnalistik

Dengan alat seperti asisten jurnalis yang sedang diuji oleh Google, beberapa tugas jurnalisme mulai dari menulis hingga analisis berita dapat diotomatisasi.

9. Hukum

Kategori :