Waduh! 15 Jurusan Kuliah Ini Profesinya Bakal Tergantikan Oleh AI, Cek Jurusanmu Yuk

Sabtu 24-08-2024,11:42 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Masa depan mungkin akan menghadirkan pekerjaan baru yang memanfaatkan AI, sehingga manusia perlu terus meningkatkan dan menyesuaikan keterampilan mereka dengan kebutuhan yang ada.

Inilah gambaran tentang jurusan kuliah yang bidang pekerjaannya mulai dapat digantikan oleh AI. Namun, perlu waktu untuk menilai sejauh mana AI dapat berdiskusi dan berinteraksi secara efektif.

Itulah mengenai jurusan kuliah yang profesinya bakal tergantikan oleh AI. Selain itu, ini jurusan yang tidak bisa digantikan oleh Al.

BACA JUGA:Kapalan Bikin Tangan Kasar dan Tidak Nyaman, Ini 12 Cara Efektif Hilangkan Kapalan

Berikut ini beberapa jurusan yang tidak bisa digantikan oleh teknologi AI:

1. Teknik Informatika

Jurusan ini melibatkan pemahaman mendalam tentang teknologi informasi, pengembangan perangkat lunak, desain sistem, pemrograman, dan rekayasa perangkat keras.

 Selain itu, jurusan Teknik Informatika melibatkan kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak, sistem, dan aplikasi yang sangat kompleks.

2. Pendidikan

Jurusan pendidikan memerlukan kemampuan dan keterampilan manusia yang tidak dapat sepenuhnya digantikan oleh AI. 

Meskipun teknologi dapat membantu dalam beberapa aspek pengajaran, tetapi keahlian, kreativitas, empati, dan pengalaman manusia tetap sangat penting dalam membantu murid untuk mencapai potensi mereka dalam proses belajar.

BACA JUGA:2 Menteri Baru Jokowi hanya Menjabat 2 Bulan, Ini Jumlah Uang Pensiun Seumur Hidupnya

3. Hukum

Meskipun AI  dapat membantu dalam beberapa aspek hukum, seperti membantu dalam penelitian hukum atau memproses dokumen, tetapi kemampuan manusia dalam interpretasi hukum yang kompleks, penilaian moral, pemahaman konteks sosial dan politik, komunikasi manusia yang kompleks, dan kreativitas dan nalar tetap menjadi faktor penting dalam praktik hukum.

4. Manajemen

Karena penggunaan robot telah berkembang pesat dan berkembang, tentu membutuhkan seseorang yang berguna untuk mengelolanya. Area kontrol mungkin diperlukan untuk mengontrol teknologi agar berjalan  lancer.

Kategori :