Seleksi CPNS, Ini Kisi-kisi Soal SKB CPNS Tahun 2024, Pelajari Mudah-mudahan Lulus Tes

Minggu 25-08-2024,10:54 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM -  Seleksi CPNS, ini kisi-kisi soal SKB CPNS tahun 2024, pelajari mudah-mudahan lulus tes.

Seleksi Kompetesi Bidang (SKB) menjadi salah satu rangkaian tes dalam seleksi Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tiap tahunnya. Tes ini diikuti peserta setelah dinyatakan lolos tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Tujuan dari dilaksanakannya SKB, yaitu untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan jabatan.

BACA JUGA:Kapolri Naikan Pangkat 12 Jenderal, Ada Kapolda Mualaf Pecah Bintang 3, Ini Profilnya

Adapun kisi-kisi soal SKB sendiri memiliki cakupan materi yang beragam sesuai dengan posisi yang dilamar. Supaya bisa dijadikan acuan, simak penjabaran selengkapnya berikut ini.

Penyelenggaran tes ini diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 27 Tahun 2021.

Dalam peraturan tersebut, SKB adalah seleksi yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang. Itu berupa pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya.  

BACA JUGA:IKN Buka Penerimaan CPNS 2024 untuk Jabatan Polisi Pamong Praja, Paket C Bisa Daftar

Seleksi ini biasanya diselenggarakan dengan metode tes Computer Assisted Test (CAT) atau jenis lainnya. Pelaksanaan SKB dengan sistem CAT diselenggarakan dalam durasi waktu 90 menit. 

Sementara itu, pelamar penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar pada kebutuhan khusus penyandang disabilitas diberikan durasi tes selama 120 menit.

Adapun pelamar penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar formasi selain pada kebutuhan khusus penyandang disabilitas, waktu pelaksanaan tes sama dengan seleksi pada kebutuhan umum.

Dalam pengolahan hasil akhir seleksi, proporsi nilai SKB memiliki bobot sebesar 60 persen, sedangkan SKD sebesar 40 persen. Selanjutnya, dilakukan pemeringkatan berdasarkan total jumlah nilai akhir yang tertinggi secara berurutan ke bawah.

BACA JUGA:Penting Bagi Pelamar CPNS 2024, Ini 7 Penyebab Tidak Lolos Seleksi Administrasi

Kisi Kisi Soal SKB CPNS 2024

Untuk informasi, kisi-kisi SKB disusun berdasarkan bidang atau jabatan yang dilamar. Setiap formasi jabatan memiliki materi ujian yang berbeda-beda.

Kategori :