Ini Kisi-kisi dan Contoh Soal Tes SKD CPNS 2024, Persiapkan Dirimu Sebaiknya

Minggu 25-08-2024,11:38 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM -  Ini kisi-kisi dan contoh soal tes SKD CPNS 2024, persiapkan dirimu sebaiknya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Tes SKD sendiri bertujuan untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan dasar dari calon peserta. 

Tes ini meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Teks Karakter Pribadi (TKP). Semua tes SKD ini dilakukan dengan menggunakan komputer atau disebut juga Computer Assisted Test (CAT).

BACA JUGA:Kisah Kelam Raja Jawa, Habisi 6 Ribu Ulama dan Keluarganya di Mataram

Untuk bahan persiapan menghadapi seleksi SKB CPNS 2024 ini, berikut beberapa contoh kisi-kisi tes SKD CPNS 2024 yang bisa sahabat Camkoha catat dan pelajari!

Kisi-kisi Tes SKD CPNS 2024

Seperti dijelaskan, tes SKD terdiri dari 3 jenis tes yakni TWK, TIU, dan TKP. Berikut contoh kisi-kisi untuk masing-masing jenis tes tersebut:

1. Kisi-kisi Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan mencakup beberapa hal berikut ini:

- Nasionalisme:

Memiliki kemampuan untuk mewujudkan kepentingan nasional yang diperoleh melalui cita-cita dan tujuan yang sama. Namun semua itu dilakukan dalam keadaan senantiasa mempertahankan identitas nasional.

BACA JUGA:5 Penyebab Gagal Tes Kesehatan CPNS 2024, Pahami dan Atasi Dengan Cara Berikut

Contoh soal:

Presiden dalam rangka menjalankan undang-undang mempunyai kewenangan untuk menetapkan Peraturan Pemerintah. Peraturan Pemerintah adalah peraturan untuk menjalankan undang-undang dengan sebagaimana mestinya. Kewenangan menetapkan Peraturan Pemerintah adalah sebagian kewenangan pengaturan dari Presiden.

Kategori :