Badan Anak Terlihat Kurus? Ini Daftar 6 Makanan Sehat Biar Cepat Gemuk

Jumat 30-08-2024,20:46 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berat badan anak terlihat kurus? Ini daftar 6 makanan sehat biar cepat gemuk.

Semua orang tua pastinya menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang secara sehat, salah satu parameter baik atau tidaknya pertumbuhan anak adalah tinggi dan berat badannya.

BACA JUGA:Ini 11 Daftar Makanan yang Membuat Si Kecil Cerdas, Bunda Wajib Coba

Maka dari itu, hampir semua orang tua yang khawatir jika berat badan anaknya tidak bertambah atau justru terlihat sangat kurus. Hal ini bisa saja menunjukkan bahwa anak mengalami kurang gizi.

Dengan itu, tidak sedikit pula orang tua yang mulai mencari beragam cara untuk meningkatkan berat badan anaknya, mulai dari memberikannya suplemen hingga makanan penambah berat badan setiap hari.

Padahal, ideal makanan penambah berat badan memiliki kalori yang tinggi serta beragam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh anak, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. 

BACA JUGA:Bunda Harus Tahu, Ini Rekomendasi Makanan agar Anak Cepat Bicara, Yuk Dicoba!

Melansir dari alodokter, berikut ini jenis makanan yang bisa menambah berat badan anak:

1. Ikan

Menu ikan merupakan sumber protein berkualitas tinggi, lemak dan kalori yang bisa menambah berat badan anak.

Dibandingkan daging sapi, kambing, dan ayam, ikan umumnya mengandung lebih banyak lemak sehat, seperti omega-3 yang sangat baik untuk mendukung kesehatan otak dan kecerdasan anak, serta tumbuh kembangnya, Bun.

Namun, sayangnya ikan cenderung memiliki aroma yang amis, sehingga Si Kecil bisa saja tidak menyukainya. Selain itu, makanan penambah berat badan ini juga bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian anak.

BACA JUGA:Anak Punya Keluhan Demam Usai Imunisasi? Ini Tindakan yang Harus Bunda Lakukan!

Jika Si Kecil mengalami reaksi alergi terhadap ikan, Bunda bisa memberikannya makanan alternatif, seperti udang, kerang, atau cumi, yang juga memiliki kandungan nutrisi yang serupa.

Namun jika Si Kecil sama sekali tidak bisa makan ikan atau seafood karena alergi, Bunda bisa berkonsultasi ke dokter untuk menentukan pilihan makanan lain yang lebih aman bagi Si Kecil.

Kategori :