9 Manfaat Cuka Apel Untuk Anak, Perhatikan Dosis Konsumsi yang Tepat

Sabtu 31-08-2024,09:53 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

BACA JUGA:Cara Buat Cuka Apel Sendiri di Rumah, Bisa Konsumsi Setiap Hari Untuk Bantu Program Diet Ampuh

4. Meningkatkan kekebalan Tubuh

ACV telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat alami untuk mengobati infeksi mikroba, mengurangi durasi flu biasa, dan meningkatkan kekebalan. Ia juga dikenal menampilkan efek antioksidan.

Manfaat ini disebabkan oleh adanya bakteri probiotik, asam asetat, asam galat, asam klorogenat, dan asam caffeic dalam cuka sari apel. Kehadiran vitamin A, C, dan B6 serta mineral penting juga memberikan nutrisi yang baik, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

5. Meredakan gejala eksim

Eksim adalah kondisi peradangan berupa bercak merah kering, dan bersisik pada tubuh. Mandi secara teratur dengan air yang mengandung sedikit cuka sari apel dapat membantu mencegah infeksi kulit dan meredakan eksim. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung teori ini.

Menurut Amy E. Gilliam, MD, dokter kulit anak di Palo Alto Medical Foundation di California Utara, AS, memandikan anak penderita eksim tiga kali seminggu di bak mandi berukuran penuh dengan air yang dicampur seperdelapan ataupun seperempat cangkir ACV. dapat membantu menetralkan kulit dan mencegah infeksi.

BACA JUGA:Kenapa Cuka Apel Bisa Bantu Program Diet? Ini Kandungan Nutrisi Dalam 100 Mililiter Cuka Apel

6. Melawan masalah kulit kepala

Cuka sari apel (ACV) telah menjadi bagian dari perawatan rambut untuk menyembuhkan ketombe dalam pengobatan tradisional. Penggunaan ACV juga dipercaya dapat melawan infeksi jamur. Mencampurkannya dengan air dalam jumlah yang sama dan menyemprotkannya ke kulit kepala dapat menghilangkan ketombe. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efek ini.

7. Dapat membantu menjaga pH kulit

Aplikasi topikal ACV dapat membantu mengembalikan tingkat pH kulit ke kisaran yang lebih sehat. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji efek ini.

8. Mendukung penurunan berat badan

Konsumsi cuka sari apel secara teratur dengan pola makan seimbang dan gaya hidup aktif dapat membantu penurunan berat badan pada individu yang mengalami obesitas. Sebuah studi mencatat bahwa ACV dapat membantu menekan akumulasi lemak tubuh untuk mencapai penurunan berat badan. Namun, ACV bukanlah pengganti tindakan penurunan berat badan konvensional, seperti olahraga dan pola makan sehat.

BACA JUGA:Cuka Apel Baik Untuk Kesehatan Tapi Tak Boleh Asal Pakai, 10 Dampak Negatif Pengunaan Cuka Apel

9. Bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan

Kategori :