3 Lowongan untuk Lulusan SMA di CPNS Kementerian ESDM 2024

Sabtu 31-08-2024,20:48 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Kementerian ESDM mengurusi mineral dan energi, termasuk operasi kilang dan utilitas. Pada CPNS Kementerian ESDM 2024, ada lowongan untuk posisi operator kilang dan utilitas yang bisa dilamar oleh lulusan SMA/SMK. 

Tugas utama dari operator kilang dan utilitas adalah mengawasi dan mengoperasikan peralatan kilang untuk memastikan proses berjalan dengan lancar.

Keahlian teknis dan pemahaman dasar mengenai operasi kilang sangat dibutuhkan untuk posisi ini.

BACA JUGA:Lowongan Lulusan SMA di Kemenkumham, Ada 7.214 Formasi CPNS Kemenkumham 2024

2. Formasi Operator Pengeboran

Kementerian ESDM juga membutuhkan tenaga operator pengeboran untuk mineral atau sumber energi.

Operator pengeboran bertugas mengoperasikan peralatan pengeboran dan memastikan bahwa proses pengeboran berjalan sesuai dengan standar keselamatan dan efisiensi.

Posisi ini sangat cocok bagi lulusan SMA/SMK yang memiliki minat dalam bidang teknik dan eksplorasi.

BACA JUGA:Lowongan di Kemenkes, Ada 8.607 Formasi CPNS 2024 Bagi Lulusan SMA

3. Formasi Pemantau Gunung Api

Mineral terdapat dalam letusan gunung berapi, maka dari itu dibutuhkan pengamat gunung berapi. Kementerian ESDM memiliki korps pengamat gunung berapi yang bisa dilamar oleh lulusan SMA/SMK.

Tugas utama dari pemantau gunung api adalah mengamati aktivitas gunung berapi dan memberikan laporan mengenai potensi letusan.

Keahlian dalam membaca tanda-tanda alam dan pemahaman mengenai geologi dasar sangat penting untuk posisi ini.

BACA JUGA:Lowongan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Formasi CPNS Lulusan SMA Tahun 2024

Syarat daftar CPNS ESDM 2024 

  1. Warga Negara Republik Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  2. Usia pelamar paling rendah 18 (delapan belas) tahun 0 bulan 0 hari dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun 0 bulan 0 hari pada saat melamar sampai dengan selesai submit sesuai jadwal pendaftaran. 
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih. 
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta. 
  5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. 
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis. 
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan (Program Studi) sesuai persyaratan jabatan. 
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar. 
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah. 
  10. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba / NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku, wajib dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).

BACA JUGA:Lowongan untuk Lulusan SMA, Ini Rincian Formasi CPNS Kemenhub 2024 Bagi Lulusan SMA/SMK

Kategori :