Kebiasaan yang Dianggap Sehat, Ini Bahaya Sering Konsumsi Air Hangat saat Perut Kosong!

Minggu 01-09-2024,13:39 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

3. Gangguan Pencernaan

Terlalu banyak minum air saat perut kosong bisa berdampak serius pada kesehatan pencernaan. Hal ini berlaku jika airnya sangat panas atau jika Anda memiliki masalah pencernaan

4. Ketidakseimbangan Elektrolit

Elektrolit ialah mineral oenting yang membantu mengatur fungsi tubuh. Ketidakseimbangan mineral penting ini bisa menyebabkan kelelahan, kram otot, dan pusing.

Menurut Ayurveda, minum air hangat berlebihan saat perut kosong dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, dikutip dari The Health Site.

BACA JUGA:11 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker!

5. Gangguan Penyerapan Obat

Jika Anda mengalami masalah kesehatan yang mendasari dan mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi masalah tersebut, seperti antibiotik atau suplemen zat besi, minum air hangat saat perut kosong bisa mengganggu penyerapannya.

Cara minum air hangat yang benar

Sementara itu, untuk informasi tambahan, manfaat minum air hangat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan air putih biasa pada umumnya. Minum air bisa membantu memenuhi asupan cairan tubuh sehingga dehidrasi bisa dicegah.

Di samping itu, minum air bisa melumasi sendi, melindungi sumsum tulang belakang, dan menjaga suhu tubuh tetap normal.

BACA JUGA:Maju di Pilkada Bengkulu Selatan 2024, Berapa Harta Kekayaan Faizal Mardianto?

Manfaatnya bisa dirasakan jika air diminum secara tepat dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pilih air hangat bukan air panas

Air hangat memiliki temperatur yang berbeda dengan air panas. Suhu air panas jauh lebih tinggi dibanding dengan air hangat.

Jadi, ketika diminum tentu akan ada efek yang ditimbulkan. Dibanding air panas, Anda lebih baik minum air hangat. Alasannya, minum air panas sering kali membuat lidah mati rasa sehingga membuat menimbulkan sensasi tidak nyaman di mulut.

Kategori :