Kebiasaan yang Dianggap Sehat, Ini Bahaya Sering Konsumsi Air Hangat saat Perut Kosong!

Minggu 01-09-2024,13:39 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Kecuali, Anda mau meniup permukaan atas air dalam gelas tersebut agar paparan tiupan angin dapat menurunkan tingkat kepanasan air ketika diminum.

Bila Anda ingin langsung minum, sebaiknya pilih air hangat. Jika memang saat itu air yang ingin diminum masih panas, Anda bisa menunggu dulu hingga temperaturnya menurun.

BACA JUGA:Kenali, Ini 12 Bahasa Tubuh Kucing yang Perlu Diketahui, Punya Makna Tersendiri

2. Minum sesuai kebutuhan, tapi tidak berlebihan

Cara minum air hangat yang benar selanjutnya adalah tidak berlebihan. Memang tidak ada aturan khusus banyaknya minum air hangat per harinya.

Namun, Anda bisa mengikuti asupan cairan tubuh per hari. Menurut Angka Kecukupan Gizi, usia 19 – 80 tahun perlu mencukupi kebutuhan air per hari sekitar 2500 ml.

Ada beberapa teori yang menyebutkan bahwa minum air 8 gelas hari cukup untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Pada sebagian orang, minum delapan gelas air putih sehari mungkin sudah cukup. Akan tetapi, orang lain mungkin saja membutuhkan air lebih banyak.

Nah, perbedaan asupan cairan tubuh per hari ini bisa disebabkan oleh aktivitas, usia, lingkungan, ataupun masalah kesehatan.

Penting untuk diketahui, pasien penyakit ginjal dan penyakit gagal jantung perlu membatasi asupan cairannya. Namun, untuk seberapa besar kebutuhan cairannya perlu dikonsultasikan lebih lanjut ke dokter.

BACA JUGA:Mencalonkan Diri di Pilkada Bengkulu Selatan, Segini Harta Kekayaan Elva Hartati

3. Waktu terbaik minum air hangat

Air hangat paling baik diminum ketika cuaca dingin karena bisa membantu menghangatkan tubuh.

Selain itu, minum air hangat di pagi hari diketahui membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga buang air jadi lebih mudah. Manfaat ini dijelaskan dalam situs Cleveland Clinic.

Sebenarnya minum air hangat kapan pun, jika dilakukan dengan cara yang benar, tetap akan ada manfaatnya. Jadi, Anda bisa minum air hangat di malam hari sebelum tidur atau saat makan malam.

Namun, baiknya hindari minum air hangat saat perut kosong. Kebiasaan ini pada orang dengan masalah lambung, seperti GERD, bisa memicu munculnya gejala. Jadi, usahakan minum air hangat saat perut sudah ada terisi makanan.

BACA JUGA:Per 1 September 2024, Harga BBM Pertamina Resmi Turun, Ini Daftar Harga Terbaru di Seluruh SPBU

Kategori :