Cek Rekening, Bansos PKH dan BPNT untuk 40 Ribu KPM di Bengkulu Utara Sudah Cair

Minggu 01-09-2024,14:31 WIB
Reporter : Novan Al qadri
Editor : Purnama Sakti

BENGKULU UTARA, RBTVCAMKOHA.COM - Cek rekening, 40 ribu KPM bansos PKH dan BPNT di Bengkulu Utara periode Juli-Agustus cair.

Pemerintah Indonesia kembali menyalurkan bantuan sosial PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) untuk periode Juli-Agustus 2024, yang ditujukan untuk membantu keluarga miskin atau rentan miskin dalam memenuhi kebutuhan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan pangan.

Bantuan ini disalurkan kepada keluarga yang terdaftar sebagai penerima manfaat dalam sistem sosial Kementerian Sosial. 

BACA JUGA:Daftar 4 Kota Termiskin di Pulau Jawa Tahun 2024, Segini Jumlah Penduduk Miskinnya

Pemerintah berkomitmen untuk menyediakan bantuan ini dengan transparansi melalui SIKS-NG dan website resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Di Kabupaten Bengkulu Utara, bansos PKH dan BPNT periode Juli-Agustus sudah disalurkan untuk lebih dari 40 ribu keluarga penerima manfaat, terdiri dari 11.981 KPM PKH dan 28.203 KPM BPNT.

Kepala Dinas Sosial Bengkulu Utara, Agus Sudrajat, mengatakan terpantau jumlah pencairan bansos PKH dan BPNT ini baru untuk KPM yang melalui bank himbara, dalam hal ini bank Mandiri.

BACA JUGA:Siap Naik Kelas Jadi Bupati, Ini Harta Kekayaan Arie Septia Adinata, Bakal Calon Bupati Bengkulu Utara

"Untuk pencairan bansos melalui kantor pos belum ya, masih berproses. Tapi kita yakin dalam waktu dekat segera menyusul cair," kata Agus, Minggu (01/9).

Ditambahkan Agus, untuk jumlah KPM yang masih mencairkan bansos di kantor pos tidak sebanyak jumlah KPM yang pencairannya melalui bank himbara, yaitu sekitar 1.600 KPM PKH dan 4.000 KPM BPNT.

Kemudian untuk KPM bansos yang pencairannya melalui bank himbara, dapat mencairkan melalui ATM, teller bank, atau agen bank.

BACA JUGA:Ada 3 Jalan Tol yang Siap Dibangun di Era Presiden Prabowo Subianto, Ini Rinciannya

Besaran Bansos PKH 2024

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu bentuk bantuan sosial yang dirancang untuk mendukung keluarga prasejahtera. Pada periode ini, PKH sudah memasuki tahap ketiga pencairan. Berikut adalah rincian bantuan PKH yang akan diberikan:

Kategori :