Banyak yang Tanya, Berapa Gaji Sopir Bus AKAP di Indonesia? Ini Rinciannya

Jumat 06-09-2024,18:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Selain memiliki SIM, sopir bus harus memiliki pengetahuan umum tentang kendaraan. Persyaratan ini bertujuan untuk menghindari sesuatu yang tak diinginkan di jalan jika terjadi kerusakan. Sopir juga wajib melakukan pengecekan secara menyeluruh sebelum armada jalan.

3. Kondisi fisik dan jiwa sehat

Memiliki kondisi fisik dan jiwa sehat merupakan hal terpenting bagi seseorang yang ingin menjadi sopir bus. Ini diperlukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan para penumpang.

Emosi sopir bus harus stabil sehingga bijak dalam menghadapi berbagai permasalahan di jalan. Banyak kasus sopir ugal-ugalan karena mudah tersulut emosi saat disalip kendaraan lain.

BACA JUGA:Berapa Gaji yang Diterima Anggota Partai Politik? Coba Cek Besarannya di Sini

4. Sikap dan penampilan

Kepribadian baik dan ramah adalah hal wajib yang dimiliki oleh seorang sopir bus. Begitu juga dengan penampilan terlihat rapi agar penumpang selalu merasa aman dan nyaman.

Penampilan tidak rapi seperti rambut gondrong dan menggunakan pakaian seenaknya membuat penumpang khawatir dengan profesionalisme sang sopir. Tak heran jika beberapa PO bus mewajibkan sang sopir berseragam, memakai batik atau berjas serta berdasi.

BACA JUGA:Drama Selebgram Ulianaci Asal Rusia di Bengkulu Ketika Naik Transportasi Online, Ini Penjelasan Grab Indonesia

5. Pengalaman berkendara

Pengetahuan dan pengalaman berkendara seorang sopir sesuatu yang sangat penting. Untuk itu, setiap kali menerima karyawan baru, terlebih dahulu di tes dengan mobil kecil sebelum mengendarai bus.

Ini untuk mengetahui bagaimana cara mengemudi sopir tersebut dan melihat ketenangan, serta kewaspadaan dalam menghadapi situasi tak terduga.

Itulah informasi terkait gaji sopi bus AKAP dan juga syarat untuk menjadi sopir bus! Semoga informasi ini dapat membantu.

Putri Nurhidayati

Kategori :