Catat! Ini Jurusan Lulusan SMK untuk Pendaftaran CPNS 2024 di Kemenkeu

Sabtu 07-09-2024,16:13 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Catat! ini jurusan lulusan SMK untuk pendaftaran CPNS 2024 di Kemenkeu.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang sering disingkat Kemenkeu, kembali membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bergabung sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 setelah sebelumnya mengalami periode moratorium. 

Moratorium yang diterapkan dari tahun 2020 hingga 2023 ini sempat menghentikan sementara proses rekrutmen CPNS, termasuk bagi lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. 

BACA JUGA:Jurusan dan Penempatan Lulusan SMA/SMK untuk Pendaftaran CPNS 2024 di Kemendikbudristek serta Gajinya

Hal ini didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77/PMK.01/2020 yang mengatur tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan Tahun 2020-2024. 

Namun, pada tahun 2024, Kemenkeu kembali membuka peluang dengan menyediakan total 1.230 formasi untuk berbagai jenjang pendidikan, termasuk SMK, SMA, D3, dan S1.

Jurusan Bagi Lulusan SMK dalam Pendaftaran CPNS 2024 di Kemenkeu

Untuk tahun 2024, Kemenkeu secara khusus menawarkan peluang bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), selain lulusan dari jenjang pendidikan lainnya.

BACA JUGA:Ternyata Ini Tujuan Selebgram Ulianaci ke Bengkulu, Dia Datang ke Salah Satu Tempat di Bengkulu Tengah

Bagi lulusan SMA, persyaratan lebih bersifat umum karena tidak ada peminatan khusus. Namun, untuk lulusan SMK, terdapat kebutuhan spesifik yang harus diperhatikan. 

Dalam pendaftaran CPNS 2024, jurusan dari SMK yang paling banyak dibutuhkan adalah dari bidang pelayaran. Ini menunjukkan bahwa Kemenkeu mengutamakan keterampilan teknis dan keahlian khusus yang relevan dengan posisi yang ditawarkan. 

Jurusan pelayaran di SMK memiliki keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam posisi-posisi tertentu yang berkaitan dengan pengelolaan dan administrasi pelayaran serta aspek teknis yang mendukung operasional di bidang tersebut.

Persyaratan Umum dan Khusus CPNS Kemenkeu 2024

Berikut adalah syarat-syarat umum yang harus dipenuhi oleh calon pelamar CPNS Kemenkeu 2024:

1. Kewarganegaraan dan Kesetiaan: Pelamar harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kategori :