Ini Cara dan Trik Menabung untuk Beli Mobil Jika Gajimu Rp3 Juta Sebulan

Senin 09-09-2024,18:33 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Dari kepemilikan mobil, kamu dapat menggunakannya untuk kegiatan produktif, seperti mencari tambahan penghasilan dengan menjadi driver taksi online.

BACA JUGA:Berencana Ganti Nama? Ini Contoh Surat Permohonan Perubahan Nama di Pengadilan Negeri

3. Masalah Kemacetan

Kemacetan masih menjadi masalah besar yang melanda berbagai kota di Indonesia. Kalau kamu beli mobil, tentu saja akan menambah macet jalan raya setiap hari.

Dalam keadaan macet, tentu kamu tak dapat memacu mobil lebih cepat. Bahkan bisa saja stagnan di jalan, tidak bergerak sama sekali.

Kalau macet, bisa saja kamu jadi telat ke kantor. Belum lagi bahan bakar lebih boros, karena banyak yang terbuang saat macet.

Jadi kamu perlu mempertimbangkan lagi kondisi tersebut bila ingin membeli mobil. Apakah akan memudahkan kamu atau justru sebaliknya.

BACA JUGA:Lokasi Nobar Timnas Indonesia vs Australia di Bandung, Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

4. Bujet untuk Perawatan 

Punya mobil pastinya butuh perawatan. Perawatannya tidak seperti motor atau sepeda. Membeli mobil harus sanggup membawanya ke bengkel secara berkala minimal 2 bulan sekali. Cek rem, ban, sampai suku cadang, ganti oli agar mobil tetap awet dan kinerja maksimal.

Walaupun cicilan mobil kamu murah misalnya, tapi biaya perawatan dan suku cadang mobil cukup mahal. Jadi kalau gaji kamu pas-pasan, pikirkan lagi untuk membeli mobil, termasuk membayar biaya perawatannya.

BACA JUGA:Besok, Gubernur Rohidin Mersyah Terima Penghargaan dari Media Tempo 'Apresiasi Tokoh Indonesia'

5. Administrasi, Pajak, dan Asuransi Mobil

Selain harus dipusingkan dengan biaya perawatan dan suku cadang, kamu masih harus berhadapan dengan pajak, administrasi, serta asuransi mobil untuk melindungi ‘tunggangan’ dari berbagai risiko.

Biasanya biaya-biaya tersebut akan ditambahkan ke jumlah DP murni yang dibayarkan sehingga pada akhirnya DP yang awalnya murah bisa jadi membengkak karena biaya tambahan tersebut. 

BACA JUGA:Segini Gaji dan Tunjangan Anggota KPU di Kabupaten dan Kota Tahun 2024, Sudah Cek?

Kategori :