Kronologi Kecelakaan Pesawat Trigana Air, Tergelincir di Bandara Yapen, Begini Nasib 42 Penumpang

Selasa 10-09-2024,09:12 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kronologi kecelakaan Pesawat Trigana Air, tergelincir di bandara Yapen, begini nasib 42 penumpang.

Pesawat Trigana Air PK-YSP jenis ATR 42 seri 500 gagal lepas landas di Bandara Stevanus Rumbewas Serui Papua. Hal ini terjadi pada pukul 10.40 WIT.

BACA JUGA:Ini Lokasi dan Info Nobar untuk Warga Ponorogo, Indonesia Vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Diketahui, jika pesawat Trigana Air yang membawa rombongan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Papua yang juga istri dari Pj Gubernur Papua Ramses Limbong, Kardina, gagal lepas landas dan tergelincir di Bandara Stevanus Rumbewas Serui, Yapen, Papua, Senin (9/9) pagi.

Pesawat itu sebelumnya hendak terbang menuju Bandara Sentani, Jayapura, Papua, Senin, pukul 10.40 WIT.

"Iya betul tergelincir Pesawat Trigana Air," ujar Wakapolda Papua Brigjen Faizal Ramadhani saat dikonfirmasi lewat pesan singkat.

BACA JUGA:4 Bansos Cair Merata Termasuk PKH dan BLT Rp400.000 Bulan September, Cek Sekarang

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni mengungkapkan kronologi kejadian tersebut. Awalnya pesawat mendarat dari Biak pukul 10.19 WIT dan parkir stand pukul 10.21 WIT di Bandara Serui.

Kemudian pada pukul 10.35 WIT pesawat bersiap lepas landas untuk menuju Bandar Udara Sentani Jayapura. Hanya berjarak satu menit kemudian pesawat tergelincir ke arah kiri dengan posisi 1.200 meter dari take off runway in use 28.

Untuk penyebab kejadian tergelincirnya pesawat tersebut masih dalam penyelidikan.

"Saya telah memerintahkan Kepala Kantor UPBU Kelas III Stevanus Rumbewas Serui untuk terus memantau dan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam proses evakuasi dan penanganan dari dampak insiden ini," kata Kristi dalam keterangan tertulis, Senin (9/9/2024).

BACA JUGA:Daftar Bansos yang Cair pada Bulan September 2024, Ini Rincian Besarannya

Pesawat ini membawa 42 penumpang, 6 orang crew on board. Dari total 48 penumpang itu dinyatakan selamat. Hanya saja, beberapa penumpang mengalami luka-luka dan saat ini sedang dievakuasi ke RSUD Serui.

"Info awal seluruh penumpang dan crew on board dalam keadaan selamat. Beberapa mengalami luka-luka dan saat ini sedang dilakukan evakuasi untuk dibawa ke RSUD Serui," kata Kristi.

Dilansir dari Tribunnews.com, ini fakta tentang pesawat Trigana Air yang tergelincir di Yapen Papua:

Kategori :