Pernah Minum Susu Ikan? Bagaimana Cara Produksi dan Apa Manfaatnya?

Selasa 10-09-2024,09:54 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

"Dan yang menjadi unggulan lagi adalah ini murni 100 persen bahan bakunya semua dari Indonesia," ujar dia.

Maqbulatin Nuha menyampaikan, ikan memang sangat kaya akan kandungan gizi dan protein. Susu ikan hadir di Indonesia untuk menjadi solusi peningkatan gizi masyarakat.

Diketahui saat kampanye Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berjanji melaksanakan program Makan Siang Gratis jika benar terpilih menggantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Makan siang dan susu gratis akan dibagikan kepada 82,9 juta orang miskin, yang terbagi dalam 3 golongan 74,2 juta anak sekolah alias murid, 4,3 juta santri, 4,4 juta ibu hamil.

Gibran pernah menyebut kebutuhan anggaran makan siang gratis mencapai Rp400 triliun.

BACA JUGA:4 Bansos Cair Merata Termasuk PKH dan BLT Rp400.000 Bulan September, Cek Sekarang

Produk Susu Ikan Diluncurkan Sejak 2023 

Sebenarnya susu ikan bukan menjadi sesuatu hal yang baru. Produk susu ikan sebenarnya telah dikembangkan bahkan telah diluncurkan sejak 2023 lalu di Indramayu.

Produk susu ikan ini merupakan kerja sama antara Koperasi Nelayan Mina Bahari (Indramayu) dengan PT Berikan Teknologi Indonesia yang didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Langkah ini menjadi salah satu upaya untuk mendorong hilirisasi produk perikanan. Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan susu ikan merupakan inovasi yang menggabungkan antara manfaat protein ikan untuk kesehatan dengan diversifikasi produk olahan.

Diversifikasi susu ikan akan mendongkrak daya saing produk perikanan, baik di pasar dalam negeri maupun global.

BACA JUGA:Daftar Bansos yang Cair pada Bulan September 2024, Ini Rincian Besarannya

Bentuk atau Bahan Susu Ikan

Susu ikan sebenarnya tidak sama dengan susu sapi yang dihasilkan dari kelenjar susu hewan. Susu ikan lebih mirip dengan produk makanan laut atau minuman berprotein daripada produk susu hewani.

Produk susu ikan ini berbahan baku ikan yang kemudian diproses dengan teknologi modern sehingga menghasilkan Hidrolisat Protein Ikan (HPI).

Hidrolisat Protein Ikan ini maksudnya, ikan-ikan nantinya diproses secara hidrolisis, yakni proses ekstraksi protein ikan yang dipecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil atau asam amino melalui proses hidrolisis.

Kategori :