Susu Ikan, Minuman Viral Program Makan Gratis Prabowo, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Selasa 10-09-2024,10:03 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Susu ikan, minuman viral program Makan Gratis Prabowo, ini manfaatnya bagi kesehatan.

Untuk mengatasi masalah ketersediaan susu sapi yang tidak mencukupi kebutuhan nasional, pemerintah tengah mengkaji penggunaan susu ikan sebagai alternatif yang potensial untuk program Makan Bergizi dan Susu Gratis yang akan digalakkan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

Pasalnya, program ambisius ini menargetkan 82,9 juta penerima manfaat, termasuk anak-anak sekolah dan ibu hamil. Dengan target besar ini, pemerintah membutuhkan pasokan susu yang memadai, dan susu sapi saat ini belum mencukupi kebutuhan tersebut.

BACA JUGA:Pernah Minum Susu Ikan? Bagaimana Cara Produksi dan Apa Manfaatnya?

Dengan upaya presiden terpilih Prabowo Subianto ini, tentunya susu ikan ramai diperbincangkan karena bagi sebagian orang mungkin masih terdengar asing.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai apa itu susu ikan dan kandungan hingga manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Mengenal Susu Ikan

Susu ikan sebenarnya bukan berasal dari susu yang dihasilkan oleh ikan, melainkan merupakan ekstrak protein dari ikan yang kemudian diproses menjadi produk susu.

BACA JUGA:Kronologi Kecelakaan Pesawat Trigana Air, Tergelincir di Bandara Yapen, Begini Nasib 42 Penumpang

Salah satu jenis ikan yang sering dijadikan bahan dasar adalah ikan tuna dan cod. Kedua ikan itu dikenal memiliki kandungan DHA (Docosahexaenoic Acid) dan EPA (Eicosapentaenoic Acid), dua jenis asam lemak Omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak dan kesehatan jantung.

Protein yang terkandung dalam susu ikan juga lebih mudah diserap tubuh dibandingkan dengan protein susu sapi. Ditambah lagi, susu ikan bebas laktosa, sehingga menjadi solusi ideal bagi mereka yang memiliki intoleransi terhadap susu sapi atau alergi laktosa.

BACA JUGA:Bansos Rp 400 Ribu Cair Dipercepat di Bulan September 2024, Ini Komponen yang Berhak Menerima

Kandungan Gizi dalam Susu Ikan

Susu ikan mengandung Omega-3, DHA, EPA, dan berbagai jenis asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Omega-3 yang ditemukan dalam susu ikan dikenal berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi otak.

Khususnya DHA, kandungan ini sangat diperlukan dalam perkembangan otak pada anak-anak dan kesehatan mata.

Kategori :