Satu Bulan Jelang Pelantikan, Apakah Ini Daftar Bakal Calon Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Selasa 10-09-2024,12:43 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Sementara itu, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, menyebut Prabow kini sedang menyusun menteri kabinet bersama partai pendukungnya. Gerindra mengatakan menteri kabinet tak banyak dari partainya.

"Saya kira ndak juga (lebih banyak menteri dari Gerindra)," kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Senin (9/9).

BACA JUGA:Daftar Mobil Paling Irit BBM di Indonesia, Cocok untuk Sehari-hari, Inilah 11 Pilihannya

Menurut Muzani, Prabowo ingin jajaran menterinya merupakan zaken kabinet yang berdasarkan ahli di bidangnya. Jumlah menterinya sedang dihitung.

"Pak Prabowo ingin ini adalah sebuah pemerintahan zaken cabinet, di mana yang duduk adalah orang-orang yang ahli di bidangnya meskipun yang bersangkutan berasal atau diusulkan dari parpol, sehingga tidak kehilangan relevansinya di jabatan yang diduduki karena yang bersangkutan memiliki keahlian dari jabatan yang disandang," ujar.

BACA JUGA:Resmi Meluncur, iPhone 16 Hadir dengan 4 Varian Utama! Cek Harga dan Spesifikasinya di Sini

Muzani menegaskan menteri kabinet Prabowo akan lebih banyak diisi oleh ahli di bidangnya, meskipun sosok tersebut diusulkan oleh partai politik.

Adapun, secara terpisah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai salah satu alumnus SMA Taruna Nusantara, mengaku tidak ingin berandai-andai soal peluang menjadi menteri di kabinet Presiden Prabowo Subianto.

Menurut AHY, Partai Demokrat menghormati hak prerogatif presiden.

"Saya benar-benar menghormati, Demokrat benar-benar menghormati hak prerogatif dari Bapak Presiden terpilih Pak Prabowo Subianto, yang tentunya sampai dengan saat ini saya tahu beliau masih sangat serius untuk menyusun langkah-langkah strategis ke depan, termasuk penyusunan kabinet," kata AHY.

BACA JUGA:Ini Daftar 7 Hp Gaming Per September 2024, Spesifikasi Mumpuni Harga Merakyat

Namun AHY tak menampik jika dia dan Prabowo sering berkomunikasi. Adapun komunikasi yang dimaksud tak melulu soal pembagian jatah kursi kabinet.

"Tapi yang saya senang kami dialognya itu tidak hanya berurusan dengan posisi atau jabatan yang akan diberikan ke Partai Demokrat atau partai-partai lainnya, tapi banyak sekali tentang visi besar, gagasan, bagaimana beliau ingin Indonesia ini makin kuat, memiliki kemandirian di bidang pangan, energi, kemudian juga infrastrukturnya juga semakin kuat," ungkap AHY.

BACA JUGA:Viral! Gara-gara Bonceng Pocong tak Pakai Helm Pria di Pasuruan Terima Surat E-Tilang dari Polres

Untuk informasi, berikut adalah daftar beberapa politikus lulusan Taruna Nusantara di Partai Gerindra maupun di Partai Demokrat dilihat dari situs resmi SMA Taruna Nusantara.

Gerindra:

  • Sugiono, Waka Komisi I, TN 5
  • Prasetyo Hadi, Komisi II, TN 6
  • Sudaryono, Wamen Pertanian, TN 11
  •  Simon Mantiri, Komut Pertamina, TN 6, Bendum GerindraDanang Wicaksana, DPP Gerindra/Ketua DPD DIY, TN 5
Kategori :