Kakek Piyono Dipenjara Akibat Pelihara Ikan Aligator Gar, Saya Ini Orang Bodoh, Kenapa Tidak Ada Sosialisasi

Kamis 12-09-2024,15:20 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Imbas pelihara 16 tahun ikan alligator, kakek di Malang ini harus mendekam 6 bulan dipenjara!

Imbas dari memelihara lima ikan aligator gar, seorang pria lansia di Kota Malang, Jawa Timur harus menjalani hukuman enam bulan penjara.

Pria lansia bernama Kakek Piyono ini disebut- sebut telah melanggar aturan pemerintah mengenai larangan warga memelihara ikan tersebut.

BACA JUGA:Anak Kembar Ini Alami Trauma Berat Akibat Ulah Tiktokers, KPAI dan Orang Tua Lapor ke Polisi

Diketahui, Kakek Piyono berdalih jika sudah selama 16 tahun dia memelihara ikan tersebut namun tidak ada sosialisasi ataupun peringatan dari pemerintah yang datang padanya.

Kakek Piyono ini dinyatakan bersalah karena melanggar Pasa 88 juncto Pasal 16 ayat (1) Undang-undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan juncto Permen-KP RI Nomo1 19/Permen-KP/2020. 

Peraturan-peraturan tersebut menjelaskan bahwa ikan aligator gar merupakan salah satu spesies yang dilarang dipelihara, diperdagangkan, maupun dilepasliarkan di wilayah Indonesia.

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI Periode September 2024, Pinjaman Rp 10-50 Juta, Persyaratan dan Cara Pengajuan

Ikan aligator gar bisa ancam ekosistem lokal Hal ini tentu bukan tanpa alasan. 

Pasalnya, ikan aligator gar atau memiliki nama ilmiah Atractosteus spatula ini dianggap bisa menjadi ancaman serius bagi ekosistem perairan lokal. 

Dilansir dari Kompas.com, Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang kini dikenal sebagai Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Gema Wahyudewantoro, MSi mengatakan jika ikan tersebut dilarang sebab ikan tersebut merupakan ikan invasif.

"Sebagai ikan invasif jelas (ikan) itu dilarang, namun untuk yang terlanjur masuk perlu pengawasan jangan sampai masuk ke perairan umum," jelas Gema.

"Yang aman dikembalikan ke karantina ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)," tegas Gema. 

BACA JUGA:Ada Honda Scoopy Club 12 Baru dengan Tampil Retro Sporty, Segini Kisaran Harganya

Ikan aligator gar berbahaya bagi ekosisitem karena sifatnya yang invasif. Ikan ini adalah predator agresif yang akan memangsa ikan-ikan lebih kecil serta hewan lain, termasuk kura-kura dan unggas. 

Kategori :