Penyair Bengkulu Tampil di Festival Sastra Internasional Gunung Bintan, Siapa Dia?

Kamis 12-09-2024,22:54 WIB
Reporter : Septi Widiyarti
Editor : Purnama Sakti

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Provinsi Bengkulu memiliki penyair yang diakui di mata nasional. Bahkan sang penyair ini mendapat undangan khusus untuk tampil pada event Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Siapa sosok ini? Dia adalah Merawati May. Nantinya dalam FSIGB ini Merawati akan membawakan ontologinya yang berjudul ‘Dari Awal Sebelum Akhir Kenangan’

Ontologi ini berisi 46 puisi dan telah diterbitkan Teresia. 

BACA JUGA:Beberapa Contoh Kalimat Sanggahan CPNS 2024 bagi Pelamar Tak Lolos Seleksi Administrasi

Bagi Merawati, tampil dalam event yang sebesar ini merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bahkan dia mengaku seakan tidak percaya. “Seakan belum percaya saya bisa tampil mendampingi penyair terkemuka dari berbagai daerah dan sastrawan mancanegara,” katanya.

Untuk diketahui dalam event FSIGB ini tidak hanya tampil sastrawan nasional namun juga dari mancanegara. 

Walaupun mendapat kepercayaan untuk tampil di FSIGB, Merawati May menilai dirinya masih banyak harus belajar tentang dunia sastra. Begitu lah Merawati yang sangat jauh dari kesan jumawa atau tinggi hati. 

BACA JUGA:5 Aturan dan Cara Sanggah Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024, Pelamar Wajib Tahu

“Esensi kesastraan (puisi) itu perlu dipahami nilai-nilai tujuan yang diketengahkan ke masyarakat pembaca, misalnya kita harus memahami nilai isi secara estetika,” kata Merawati.

Membaca karya-karya Merawati, kita memang akan dibawa ke dimensi lain, kenyataan lain yang selama ini banyak kita lupakan. Dari rangkaian barisan kata-katanya, Merawati seringkali mengajak kita untuk merenungkan kembali arti hadirnya kita. 

“Saya mencoba melakukan pendekatan dari sisi hakikat dan metode puitik,” ujarnya sambil tersenyum bersahabat.

Berikut ini beberapa karya Merawati May yang telah diterbitkan:

Kategori :