7 Contoh Tradisi Maulid Nabi yang Dilaksanakan di Berbagai Daerah di Indonesia

Sabtu 14-09-2024,14:51 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Ayah Tega Perkosa dan Gauli Anak Kandung Berusia 15 Tahun Sebanyak 40 Kali, Kini Hamil 7 Minggu

2. Pembuatan Ketupat di Madura 

Di Madura, Jawa Timur, pembuatan ketupat merupakan bagian integral dari perayaan Maulid Nabi. Ketupat yang digunakan dalam perayaan ini terbuat dari daun kelapa muda yang melingkupi beras di dalamnya, dikenal dengan nama Janur. 

Proses pembuatan ketupat dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat. Setelah ketupat selesai dibuat, hasil karya ini dibawa ke pondok pesantren terdekat sebagai bentuk penghargaan dan selamatan. 

BACA JUGA:10 Amalan Sunnah Hari Maulid Nabi yang Diperingati Tanggal 16 September 2024

Pondok pesantren memainkan peran penting dalam perayaan ini dengan mengumandangkan salawat dan memimpin doa untuk menyambut bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. 

Ketupat dalam tradisi ini melambangkan ke berlanjutan dan keaslian, serta sebagai wujud syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Bawaslu Bengkulu Utara Buka Pendaftaran Pengawas TPS, Berikut Syarat, Daftar Tugas dan Besaran Gajinya

3. Baayun Maulid di Kalimantan Selatan 

Di Kalimantan Selatan, masyarakat Banjar memiliki tradisi unik yang disebut Baayun Maulid. Tradisi ini melibatkan kegiatan mengayun bayi atau anak sambil membaca syair maulid sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW. 

Kata "Baayun" berarti ayunan atau buaian, sedangkan "Mulud" adalah ungkapan masyarakat Arab untuk kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tradisi ini menunjukkan betapa dalamnya penghormatan masyarakat Banjar terhadap Nabi Muhammad SAW dan merupakan bentuk harapan agar berkah kelahiran Nabi Muhammad SAW menyertai anak-anak mereka.

BACA JUGA:8 Aplikasi CAT CPNS 2024 Gratis di Google Play Store, Pilihan untuk Mendukung Persiapan Anda di Tes SKD

4. Masak Kuah Beulangong di Aceh 

Di Aceh, salah satu kuliner khas yang sering disajikan saat perayaan Maulid Nabi adalah kuah beulangong. Kuah beulangong adalah masakan tradisional yang berasal dari Aceh Besar. 

Masakan ini menggunakan daging sapi, kambing, atau kerbau, dan dimasak dalam porsi besar menggunakan kuali besar yang dikenal dengan nama belanga. 

Kategori :