Waspada, BMKG Ingatkan 12 Wilayah Ini Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat & Angin Kencang Hingga 19 September

Sabtu 14-09-2024,22:12 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Waspada, bmkg ingatkan 12 wilayah ini waspada cuaca ekstrem hujan lebat & angin kencang hingga 19 September 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan prakiraan cuaca di Banten pada 13-19 September 2024.

Banten berpotensi terjadi angin kencang.

Angin kencang itu dipicu oleh interaksi berbagai faktor cuaca global dan regional, termasuk aktivitas Gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial. 

BACA JUGA:Penjelasan BMKG Soal Kemunculan Awan Tsunami di RI, Pertanda Apa?

Menurut BMKG, gelombang atmosfer kelvin diprediksi aktif di wilayah Sumatera bagian utara dan tengah pada 17-18 September 2024. 

"Selain itu, suhu muka laut yang hangat di sejumlah perairan Indonesia juga berperan penting dalam menambah suplai uap air, yang memperbesar peluang terbentuknya awan hujan, terutama di kawasan pesisir," tulis BMKG dalam laman resminya, Kamis (12/9/2024). 

BACA JUGA:La Nina Belum Masuk ke Indonesia, BMKG Beri Peringatan Siaga I Petaka Kekeringan di Beberapa Daerah

Sementara wilayah Indonesia bagian selatan, mulai dari Jawa hingga Nusa Tenggara Timur serta Kalimantan tengah menghadapi kondisi yang lebih kering dengan minim pembentukan awan hujan. 

Adapun penyebabnya adalah keberadaan Siklon Tropis Bebinca yang memengaruhi pola angin di wilayah itu. 

Siklon tersebut menarik massa udara ke pusat sistemnya, mengakibatkan berkurangnya uap air di Kalimantan dan menurunkan potensi hujan di wilayah tersebut. 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca September 2024, BMKG Sebut Wilayah Ini Berpotensi Hujan Lebat

BMKG menyebut, Siklon Tropis Bebinca diprediksi masih aktif di Samudra Pasifik timur laut Filipina. 

Kondisi itu menyebabkan terbentuknya daerah konvergensi di Laut Filipina dan Samudra Pasifik sekitar sistem yang memicu peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di wilayah tersebut. 

"Secara keseluruhan, cuaca di Indonesia saat ini memperlihatkan variasi yang cukup ekstrem di berbagai wilayah, mencerminkan pengaruh kompleks dari dinamika atmosfer global dan regional," tambah BMKG. 

Kategori :