Kriteria dan Syarat Penerima Bansos PKH Tahap 3, Ini Jadwal hingga Cara Pengecekan

Selasa 17-09-2024,09:58 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : ahmad afandi

Bantuan ini ditujukan bagi masyarakat yang secara sosial-ekonomi tergolong membutuhkan. Penilaian ini dilakukan berdasarkan evaluasi sosial-ekonomi yang ketat.

3. Bukan ASN, Polri, atau TNI

Penerima tidak boleh merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Kepolisian, atau Tentara Nasional Indonesia (TNI), untuk menghindari tumpang tindih dengan program kesejahteraan lainnya.

4. Tidak Sedang Menerima Bantuan Lain

Calon penerima tidak boleh sedang menerima bantuan lain seperti Kartu Prakerja, BLT subsidi gaji, atau BLT UMKM. Ini untuk memastikan bahwa bantuan PKH diberikan kepada yang benar-benar membutuhkan.

BACA JUGA:Sabar Ya, Pencairan Bansos PKH dan BPNT Triwulan 3 via Kantor Pos Terpaksa Ditunda karena Ini

5. Terdaftar di DTKS

Calon penerima harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial RI. DTKS menjadi basis data utama untuk memastikan bahwa bantuan tepat sasaran.

Jadwal Tahap Pencairan PKH 2024

Program Keluarga Harapan (PKH) menyediakan bantuan sosial (bansos) kepada Keluarga Miskin (KM) sebagai langkah percepatan penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Berikut adalah jadwal pencairan PKH untuk tahun 2024, merujuk pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya:

- Tahap 1: Januari-Maret

- Tahap 2: April-Juni

- Tahap 3: Juli-September

- Tahap 4: Oktober-Desember

Dengan adanya pencairan dana bantuan PKH tahap ketiga ini, diharapkan program tersebut dapat terus memberikan dampak positif bagi keluarga penerima manfaat, terutama dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan mereka. 

Bantuan yang disalurkan secara tepat waktu dan tepat sasaran diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan dasar, terutama bagi ibu hamil dan balita, serta kelompok rentan lainnya. Pemerintah berkomitmen untuk terus menjalankan program ini guna mempercepat pengentasan kemiskinan dan mendorong pembangunan sumber daya manusia yang lebih berkualitas.

Kategori :