12 Motor Listrik Terbaik di Ajang IIMS 2024, Ini Primadonanya

Selasa 24-09-2024,12:36 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

1. Kapasitas dan Ukuran

Tips pertama adalah mengetahui kapasitas dan ukuran motor listrik. Kamu harus memikirkan motor tersebut untuk berapa orang, berapa berat badan penumpang. Jika kamu bertubuh besar, pertimbangkan untuk membeli motor dengan jok lebar.

2. Cek Jarak Tempuh

Motor listrik bergantung pada kapasitas baterai. Ketahui kemampuan baterai tersebut, seberapa jauh dapat menempuh perjalanan, sehingga kamu bisa memperkirakannya.

Sebab saat ini jumlah tempat pengisian listrik masih terbatas. Kalau pun ada, proses pengisiannya pun membutuhkan waktu, tidak seperti pengisian bensin yang bisa dengan cepat.

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Kukuhkan Pjs Bupati di 5 Kabupaten, Rabu Mulai Bertugas

3. Ketahui Kecepatan dan Torsi

Kamu juga perlu mengetahui kecepatan dan torsi maksimum yang dimiliki motor listrik. Jika membutuhkan sepeda listrik yang cepat, carilah yang memiliki kecepatan maksimal dan torsi yang lebih tinggi. Tentunya harganya juga semakin tinggi.

4. Pengaturan Kecepatan

Ketahui juga apakah motor listrik memiliki fitur pengaturan kecepatan. Ini seperti gigi pada kendaraan manual yang memiliki rentang kecepatan.

Misal kamu ingin berkendara santai, pengaturan ini bisa membantu karena kecepatanmu tidak akan dibatasi.

BACA JUGA:Resmi Dinonaktifkan! Oknum Guru Pelaku Pelecehan di SMKN 5 Tangerang Selatan Ternyata Pembina Pramuka!

5. Ketahui Tegangan dan Daya

Tips membeli motor listrik selanjutnya adalah mengetahui tegangan dan daya pada motor listrik maupun rumah kamu.

Pastikan daya minimum rumah kamu adalah 900 VA atau 900 Watt. Jika lebih kecil, mungkin tegangan listrik rumah akan anjlok ketika dipakai bersama perabot lainnya.

6. Baterai Swap

Kategori :