12 Tempat Wisata Terpopuler di Sumatera Utara 2024, Sugukan Pesona Keindahan Terbaik

Jumat 27-09-2024,16:57 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata di Curup Rejang Lebong, Mempesona dan Dijamin Bikin Betah

6. Patung Yesus Sibea-bea

Patung Yesus Sibea-Bea adalah sebuah monumen megah yang terletak di puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Dengan ketinggian mencapai 61 meter, patung ini dinobatkan sebagai Patung Yesus tertinggi di dunia, mengalahkan Patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro, Brasil.

7. Gedung London Sumatera

Gedung London Sumatera adalah salah satu ikon bersejarah Kota Medan yang wajib dikunjungi. Bangunan megah ini merupakan saksi bisu perkembangan kota dan menjadi salah satu contoh bangunan berarsitektur kolonial Belanda yang masih terawat dengan baik.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata Populer di Provinsi Bengkulu, Cocok untuk Inspirasi Liburan

8. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak adalah salah satu gunung berapi aktif di Sumatera Utara yang sangat populer di kalangan pendaki. Dengan ketinggian sekitar 2.011 meter di atas permukaan laut. Masyarakat Karo menyebutnya sebagai "gunung raja", sebuah julukan yang mencerminkan statusnya sebagai salah satu gunung paling dihormati di wilayah tersebut.

BACA JUGA:28 Lokasi Wisata di Kabupaten Lebong, Mulai dari Sungai Hingga Sumber Air Panas Alami

9. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini adalah sebuah tempat wisata religi yang unik dan menarik di Sumatera Utara, tepatnya di Kota Berastagi, Kabupaten Karo. Tempat ini merupakan replika Pagoda Shwedagon yang terkenal di Myanmar.

Taman Alam Lumbini yang dibangun tahun 2007 dengan luas tiga hektare tersebut merupakan salah satu wisata religi yang diminati banyak masyarakat karena bentuknya menyerupai Pagoda Shwedagon Myanmar sekaligus pagoda tertinggi di Indonesia. 

BACA JUGA:9 Rekomendasi Lokasi Wisata di Kaur Provinsi Bengkulu dengan Daya Tarik Khas dan Unik

10. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap adalah salah satu destinasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi saat berada di Berastagi, Sumatera Utara. Tersembunyi di tengah hutan yang lebat.

11. Tangkahan

Tangkahan adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser. Ia disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di pusat konservasi ini. Tangkahan memiliki luas sebesar 17.000 ha. Ia terletak sekitar 124 km dari kota Medan, atau kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan.

Di Tangkahan anda dapat menelusuri hutan dengan menunggangi gajah yang juga digunakan untuk berpatroli guna melindungi Taman Nasional Gunung Leuser. Anda juga dapat menikmati keanekaragaman flora dan fauna yang hidup di wilayah konservasi tersebut. 

Selain itu, anda juga dapat mengunjungi gua dan air terjun, serta menikmati nikmatnya pemandian air panas, berkemah ataupun melakukan arung jeram.

BACA JUGA:10 Destinasi Wisata di Bengkulu Selatan, Wajib Dikunjungi Saat Berlibur

12. Istana Maimun

Istana Maimun didirikan oleh Sultan Deli ke- IX yaitu Sultan Ma”moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tanggal 28 Agustus 1888. Istana ini dirancang oleh arsitek asal Italia yang bernama Ferari. Proses konstruksi istana ini memakan waktu 3 tahun dan memakan biaya sebesar satu juta gulden. 

Istana Maimun diresmikan pada 18 Mei 1888. Istana ini berdiri di atas tanah seluas 2.772 meter persegi, memiliki dua lantai dan 30 bilik kamar. 

Kategori :