3 Dampak Kecanduan Media Sosial, Nomor 2 Banyak yang Tidak Menyadari

Jumat 27-09-2024,19:11 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Untuk mencegah kondisi tersebut, sebaiknya letakkan ponsel di luar jangkauan. Sebagai gantinya, kamu bisa membaca buku atau menulis jurnal kegiatan. Atau bahkan memikirkan hal apa saja yang bisa menaikkan mood kamu untuk keesokan harinya.

BACA JUGA:Viral! Fenomena Awan Tsunami, Ini Dampak yang Harus Diwaspadai

4. Jangan bermain ponsel saat bangun tidur

Jika sebelum tidur kamu diharuskan untuk mengurangi penggunaan media sosial, maka begitupun sebaliknya saat kamu bangun tidur.

Setelah bangun tidur, sebaiknya minum segelas air putih, lalu sarapan. Kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti mandi atau membereskan tempat tidur. Jika langsung bermain ponsel, ini dapat mengganggu produktivitas.

BACA JUGA:Wujudkan Mimpi Warganya, Gubernur Rohidin Perjuangkan Sertifikat Lahan Masyarakat Terdampak TWA

Nah, agar kamu dapat terhindar dari bermain sosial media secara terus-terusan, maka kamu perlu melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan.

Berikut adalah rekomendasi kegiatan seru yang bisa kamu jadikan bahan peralihan ketika muncul rasa ingin bermain sosial media.

1. Membaca bacaan fisik

Alih-alih membaca sesuatu dari gadget, cobalah untuk membaca majalah atau buku fisik. Saat ini, kita memang dapat dengan mudah menemukan segala sesuatu di internet.

Namun, membaca buku fisik tidak kalah seru dan menyenangkan untuk kamu jadikan kegiatan dalam mengisi waktu luangmu.

BACA JUGA:Jasa Raharja Bocorkan Dampak Tidak Bayar Pajak Ranmor Bagi Korban Lakalantas

2. Berjalan-jalan di alam

Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba untuk berjalan-jalan di alam atau hanya sekadar di taman sekitar tempat tinggal. Perhatikan pemandangan sekitar sambil berjalan santai.

3. Berolahraga

Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan fisik dan membuat tubuh bugar saja, tapi juga baik untuk kesehatan mental. Dengan berolahraga selama mengisi waktu luang, kamu akan terhindar dari kecanduan bermain sosial media.

BACA JUGA:Diprediksi Terjadi September Ini, Begini Dampak La Nina Bagi Masyarakat dan Petani di Indonesia

Kategori :