Ini Bahayanya jika Kecanduan Video Pendek dan Begini Cara Mencegahnya

Jumat 27-09-2024,19:30 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Hal ini dapat mencakup menghapus aplikasi media sosial dari ponsel, menjauhkan ponsel dari kamar tidur atau tempat kerja, mematikan notifikasi ponsel, mengatur ponsel ke mode no disturb, dan lainnya. 

Beberapa cara ini memang butuh sedikit effort, namun ingatlah bahwa melepaskan diri dari kecanduan memang butuh upaya yang sungguh-sungguh dan diperlukannya kesadran diri yang mendalam.

BACA JUGA:Waspada! Ini Wilayah di Lampung yang Berpotensi Terdampak Megathrust

3. Mengganti Rutinitas

Kemungkinan, kita akan merasa sangat hampa ketika mulai mengurangi atau meniadakan aktivitas untuk scrolling video-video pendek yang biasa dilakukan. 

Tidak masalah, segeralah mencari alternatif rutinitas lainnya. Ketika rasa bosan mulai menghampiri, akui kebosanan itu dan responlah dengan mencari aktivitas positif.

Misalnya dengan berjalan-jalan di sekitar rumah, memasak, berolahraga, atau bahkan bercengkrama bersama tentangga. 

Nah, jika kegiatan ini dilakukan secara konsisten, ini akan membantu mengurangi rasa kehampaan itu, dan bahkan menghilangkan rasa candu yang mungkin selama ini sudah membelenggu.

BACA JUGA:Viral, Kisah Seorang Wanita yang Cuci Lambung Gegara Hobi Makan Pedas, Ini Dampaknya!

4. Ulangi Rutinitas Baru yang Telah Dibuat

Dengan mengulangi rutinitas baru yang telah dibuat juga berarti bahwa kita perlu konsisten untuk terus menerapkannya. Meminimalkan celah untuk mengulangi kecanduan media sosial seperti yang terjadi sebelumnya.

Disiplin, itulah satu kata yang perlu dijaga. Butuh usaha untuk mendisiplinkan diri dalam hal ini. Untuk mendisiplinkan diri, kita bisa menggunakan bantuan tools yang dapat difungsikan sebagai tracker setiap kegiatan.

BACA JUGA:Viral! Fenomena Awan Tsunami, Ini Dampak yang Harus Diwaspadai

5. Beri Reward pada Diri Sendiri

Terakhir, kamu bisa memberikan apresiasi atau reward pada diri sendiri karena dapat meyakinkan otak bahwa rutinitas baru yang dibentuk adalah sesuatu yang positif. 

Pemberian reward ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan bagi diri sendiri karena telah berhasil menepis candu pada video-video pendek di media sosial.

Kategori :