Bisa Bahaya untuk Tubuh, Jangan Campur 5 Jenis Makanan Ini saat Mengonsumsi Nasi

Sabtu 28-09-2024,09:04 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

2. Ubi 

Sebenarnya, cukup jarang orang makan nasi bersamaan dengan ubi, namun terkadang kita bisa menjadikan ubi sebagai gorengan yang sangat nikmat untuk dikonsumsi, termasuk sebagai lauk saat makan. Masalahnya adalah ubi sebenarnya mirip dengan nasi, yakni makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. 

Sebagaimana di dalam kentang, di dalam setiap 100 gram ubi terdapat 21 gram karbohidrat. Hal ini berarti, mengonsumsinya bersamaan dengan nasi dikhawatirkan akan membuat asupan karbohidrat berlebihan dan bisa memicu kenaikan berat badan. Alih-alih menjadikannya gorengan, pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi olahan ubi yang lebih sehat seperti bubur, ubi rebus, ubi bakar dan lain-lain sebagai pengganti nasi. 

3. Mie 

Sayangnya, masyarakat Indonesia sudah terbiasa menjadikan mie sebagai lauk saat makan nasi. Hal ini disebabkan oleh rasa mie, baik itu mie basah atau mie instan, yang memang sangat nikmat. 

Padahal, kandungan kalori di dalam mie sangatlah tinggi. Hal ini berarti, jika kita sering mengonsumsi mie bersama dengan nasi, dikhawatirkan akan menyebabkan kenaikan berat badan atau meningkatkan risiko terkena diabetes.

BACA JUGA:Awas Keracunan, Hindari 5 Jenis Makanan Ini Dimakan Berbarengan dengan Telur

4. Jagung 

Jagung bisa diolah menjadi campuran sayur, dijadikan bahan bakwan, perkedel, dan lain sebagainya. Meski enak untuk dijadikan lauk, dalam realitanya jagung juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, tepatnya sebanyak 25 gram untuk setiap 100 gramnya. 

Sering mengonsumsi nasi bersamaan dengan olahan jagung dikhawatirkan bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Pastikan untuk tidak sering melakukannya atau setidaknya menjadikan olahan jagung sebagai camilan saja.

5. Gorengan 

Pakar kesehatan ternyata tidak merekomendasikan kita untuk makan nasi bersama dengan gorengan. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalorinya yang sangat tinggi. Selain itu, keberadaan lemak jahat dan kolesterol yang tinggi di dalam gorengan dikhawatirkan bisa menyebabkan kenaikan risiko terkena penyakit kardiovaskular yang berbahaya. 

Selain gorengan, makanan seperti ayam goreng tepung juga sebaiknya tidak sering-sering kita konsumsi karena bisa memicu kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

BACA JUGA:3 Cara Mudah Membersihkan Perhiasan Titanium di Rumah, Dijamin Kinclong

Nah demikianlah ulasan, bisa bahaya untuk tubuh, jangan campur 5 jenis makanan ini saat mengonsumsi nasi.

 

Kategori :