Bisa Bahaya untuk Tubuh, Jangan Campur 5 Jenis Makanan Ini saat Mengonsumsi Nasi

Sabtu 28-09-2024,09:04 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bisa bahaya untuk tubuh, jangan campur 5 jenis makanan ini saat mengonsumsi nasi.

Meski dikonsumsi hampir setiap hari, namun sayangnya belum banyak yang mengetahui ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama nasi. Jika tetap dikonsumsi, maka kemungkinan akan mengalami gangguan kesehatan. Perlu diwaspadai bahwa ini bukan pertanda baik.

Meski belum dirasakan sekarang, tetapi nanti ketika sudah menginjak usia lansia yakni 60-an maka komplikasi-komplikasi akan didapatkan. Di sini bahayanya makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama nasi. Jangan sampai kelalaian di usia muda justru membawa petaka di usia tua. Memang boleh saja mengonsumsi nasi, namun porsi sayur juga harus lebih diperhatikan.

BACA JUGA:Berisiko Untuk Kesehatan Tubuh, Hindari 6 Jenis Makanan Ini saat Ngopi

Hal ini juga menjadi sebuah pertanda bahwa masih banyak masyarakat yang tidak cermat dalam memilih lauk, untuk dikonsumsi bersama nasi. Lebih banyak yang mementingkan perpaduan nikmat, daripada perpaduan nutrisi yang seimbang untuk menunjang kesehatan. Maka penting sekali untuk lebih memerhatikan makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama nasi ini.

Jangan Campur 5 Jenis Makanan Ini saat Mengonsumsi Nasi

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang ternyata kurang baik jika dikonsumsi bersamaan dengan nasi. 

BACA JUGA:Awas, Jangan Campur 5 Jenis Buah Ini dengan Susu, Bisa Timbul Penyakit Serius

1. Kentang 

Ada banyak sekali jenis olahan lauk yang dibuat dari kentang. Sebagai contoh, kita mengenal perkedel, kentang goreng, hingga sayuran yang diolah dengan bahan dasar kentang.

Lauk-lauk ini memiliki rasa yang nikmat untuk dikonsumsi bersamaan dengan nasi. Masalahnya adalah pakar kesehatan sangat tidak merekomendasikan makan nasi bersamaan dengan kentang. 

Hal ini disebabkan oleh kentang yang memiliki kandungan karbohidrat yang cenderung tinggi sebagaimana nasi. 

Sebagai contoh, Nutrition Data menyebut di dalam satu cangkir kentang dengan ukuran 100 gram terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 21 gram. Jika kita mengonsumsi nasi dan kentang bersamaan, dikhawatirkan akan menyebabkan asupan karbohidrat terlalu banyak. 

Tak hanya akan membuat perut terasa kekenyangan, terlalu banyak mengonsumsi kentang bersamaan dengan nasi dikhawatirkan bisa berimbas pada kenaikan berat badan atau risiko obesitas. Masalahnya adalah obesitas juga bisa berimbas pada berbagai masalah kesehatan serius lainnya. 

BACA JUGA:Bahaya Mengonsumsi Telur Berbarengan dengan Teh, Ketahui Sebelum Menyesal

Kategori :