6 Ciri Septic Tank yang Rawan Meledak, Begini Cara Pencegahannya

Sabtu 28-09-2024,17:33 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 6 ciri septic tank yang rawan meledak, begini cara pencegahannya.

Septic tank adalah struktur penting yang berfungsi menampung limbah domestik, terutama tinja dan urine, dalam skala rumah tangga.

Keberadaan septic tank merupakan hal yang wajib bagi setiap rumah yang memiliki toilet. 

BACA JUGA:Penumpang Mobil Bak Terbuka Ini Auto Terkenal, Provokasi Sopir Agar Tak Beri Jalan Ambulans Menyalip

Septic tank berperan dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, serta memastikan limbah yang dihasilkan tidak mencemari saluran pembuangan umum.

Namun, perlu diingat bahwa septic tank juga memiliki risiko, termasuk kemungkinan meledak. Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri septic tank yang rawan meledak dan bagaimana cara pencegahannya.

BACA JUGA:Pondok Pesantren Digeruduk Massa, Pemilik Ponpes dan Anaknya Diduga Cabuli 6 Orang Santriwati

Fungsi dan Struktur Septic Tank

  1. Pertama, ia menjaga kesehatan lingkungan dengan mengolah limbah secara biologis. 

  2. Kedua, septic tank berfungsi untuk membuang kotoran yang tidak boleh disalurkan ke saluran pembuangan umum, sehingga mengurangi risiko pencemaran. 

  3. Ketiga, septic tank berperan dalam mengolah limbah cair rumah tangga dengan menggunakan bakteri anaerobik yang menguraikan zat organik dalam limbah. 

Struktur septic tank biasanya terdiri dari bak pengendap dan filter yang diisi dengan kerikil atau pecahan batu, yang membantu proses pengolahan limbah.

BACA JUGA:Bikin Heboh Warga, Ular Sanca Ukuran Jumbo Keluar dari Kolam Ikan

Ciri-Ciri Septic Tank yang Rawan Meledak

Ada beberapa ciri yang bisa mengindikasikan bahwa septic tank Anda berada dalam kondisi berbahaya dan berisiko meledak. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Saluran Air Tersumbat

Dikutip dari laman resmi detik.com. salah satu tanda paling awal dari masalah pada septic tank adalah tersumbatnya saluran air. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengalirkan air dari toilet atau wastafel, ini bisa menjadi pertanda bahwa ada penyumbatan di dalam sistem. Penyumbatan ini dapat menyebabkan tekanan meningkat di dalam septic tank, yang berpotensi memicu ledakan.

2. Limbah Muncul di Permukaan Kloset

Jika Anda melihat limbah muncul di permukaan kloset, ini adalah indikasi kuat bahwa septic tank Anda sudah penuh. Ketika septic tank penuh, tidak ada ruang lagi untuk limbah baru, dan ini bisa menyebabkan limbah meluap ke kloset.

Kondisi ini tidak hanya mengganggu kenyamanan, tetapi juga berpotensi berbahaya.

3. Septic Tank Penuh

Jika septic tank Anda penuh, limbah tidak dapat lagi terurai dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan limbah meluap dari kloset, menghasilkan bau tidak sedap yang menyebar di area sekitar. 

Penuh atau tidaknya septic tank bisa diperiksa melalui pengamatan rutin dan pemeliharaan.

4. Bau Tidak Sedap

Kategori :