6 Ciri Septic Tank yang Rawan Meledak, Begini Cara Pencegahannya

Sabtu 28-09-2024,17:33 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

Kehadiran bau tidak sedap di sekitar septic tank adalah sinyal jelas bahwa ada masalah yang harus segera ditangani. Bau ini bisa diakibatkan oleh limbah yang meluap atau proses penguraian yang tidak berjalan dengan baik, dan bisa mengindikasikan bahwa gas berbahaya seperti metana mulai terakumulasi di dalam tanki.

5. Tanah di Sekitar Septic Tank Lembab

Tanah yang lembab di sekitar area septic tank bisa menjadi tanda bahwa tanki mengalami kebocoran atau sudah penuh. Kelembaban ini harus diperhatikan, karena bisa mencemari tanah dan sumber air di sekitarnya.

6. Suara Gemericik pada Pipa

Jika Anda mendengar suara gemericik pada pipa, ini bisa menjadi tanda bahwa ada penyumbatan yang lebih dalam dalam sistem pipa. Suara ini menunjukkan bahwa air atau limbah tidak mengalir dengan baik, dan tekanan bisa meningkat, menyebabkan risiko ledakan.

BACA JUGA:Gudang Meubel Terbakar Saat Pemilik Jemput Anak Sekolah, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Pencegahan agar Septic Tank Tidak Cepat Penuh

Untuk mencegah septic tank cepat penuh dan mengurangi risiko meledak, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Hindari Membuang Sampah ke Dalam Kloset

Pastikan untuk tidak membuang sampah atau benda-benda yang sulit terurai ke dalam kloset. Benda-benda ini dapat menyebabkan sumbatan dan mengganggu proses penguraian limbah.

2. Jangan Gunakan Disinfektan Berlebihan

Penggunaan cairan disinfektan atau kaporit yang berlebihan saat menyiram kloset bisa membunuh bakteri yang berperan penting dalam penguraian limbah. Sebaiknya gunakan produk yang ramah lingkungan dan sesuai untuk sistem septic.

BACA JUGA:Nyaris Timbul Korban Jiwa, Pria Ini Mengamuk dan Bawa Sajam di Pernikahan Mantan Istri

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan terkait pengelolaan septic tank:

- Reguler Sedot Septic Tank

Pastikan untuk melakukan penyedotan septic tank secara berkala, sesuai dengan tingkat penggunaan dan kapasitas tanki. Penyedotan yang terlambat bisa menyebabkan tanki bocor dan mencemari lingkungan sekitar.

- Ventilasi yang Baik

Kategori :