Ini Jenis Motor Listrik Termurah 2024, Harga Mulai Rp 2 Jutaan

Senin 30-09-2024,13:20 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Fitriani

Salah satu jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia yakni dengan memperbanyak produksi kendaraan listrik. Kemudian mewajibkan pemerintah pusat dan daerah memakai kendaraan listrik.

Ketika semua lapisan masyarakat telah memakai kendaraan listrik, maka akan tercipta lingkungan yang sehat. Polusi udara menjadi berkurang dan tentunya kondisi lingkungan juga bisa menjadi lebih baik lagi.

2. Menghemat Energi Fosil

Bahan bakar minyak merupakan sumber energi penggerak mesin kendaraan bermotor. Sayangnya BBM ini merupakan energi fosil yang tidak bisa diciptakan lagi. Keberadaanya pun bisa habis jika manusia tidak bijak memanfaatkannya. 

Motor listrik hadir untuk menjawab tantangan kelangkaan energi minyak. Dengan adanya kendaraan listrik, maka bisa lebih menghemat penggunaan BBM. Karena motor bertenaga listrik tidak memerlukan BBM lagi.

Terlebih lagi, harga BBM saat ini cukup mahal ketimbang harga listrik. Saat kamu memakai motor listrik, maka kamu bisa hemat uang dan membantu menghemat energi BBM.

BACA JUGA:Perusahaan Tambang PT Adaro Energy Indonesia Tbk Lowongan Kerja 2024, Ini Posisi dan Kualifikasinya

3. Lebih Hemat Biaya Perawatan

Setiap kendaraan bermotor tentunya perlu perawatan harian atau bulanan. Hal ini sangat berguna agar kondisi motor tetap prima dan bisa digunakan untuk berkendara dengan lancar.

Perawatan dan operasional tersebut meliputi bahan bakar, reparasi rem, pengecekan mesin, dan lain sebagainya. Untungnya saat kamu memakai kendaraan listrik, kamu akan jauh lebih hemat dari biaya-biaya tersebut. 

Karena motor listrik hanya perlu perawatan bagian baterai dan kondisi mesin. Hal ini akan membuat kamu lebih hemat dalam perawatan kendaraan listrik yang dimiliki.

4. Lebih Ringan

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, apakah motor listrik lebih enteng? Ternyata motor listrik memang jauh lebih ringan ketimbang motor konvensional. Hal ini karena motor listrik memakai kerangka dan mesin yang tidak terlalu berat. 

Bagian kerangka motor listrik didesain untuk menyesuaikan berat penggunanya. Kemudian untuk mesin memakai dinamo yang tentunya lebih ringan ketimbang mesin motor biasa. Karena beratnya cukup ringan, tentunya bisa memberikan keuntungan tersendiri. 

Motor listrik yang ringan ini akan membuat kecepatannya jadi lebih tinggi. Kamu bisa memacu kendaraan tersebut dan berakselerasi dengan lebih leluasa. Dengan catatan, kondisi medan yang kamu tempuh tidak naik turun perbukitan.

BACA JUGA:Mau Mulai Usaha tapi Terbentur Modal? Tenang Ini 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis

Kategori :