Cek, Daftar 5 Negara Penghasil Bauksit Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Selasa 01-10-2024,14:04 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Dengan begitu, Guinea mampu mempertahankan posisinya sebagai pemain utama dalam pasar bauksit global dan pengekspor bauksit terbesar.

BACA JUGA:Seleksi PPPK 2024 Dibuka, Kabupaten Seluma Sediakan 1.204 Formasi, Ini Rinciannya

3. China

Bergeser ke China, dengan total produksi sebesar 93 juta metrik ton pada tahun 2023, China berhasil menduduki posisi ketiga dalam negara penghasil bauksit terbesar setelah Australia dan Guinea.

Produksi bauksit di negara tumbuh pesat karena tingginya permintaan akan aluminium, seperti konstruksi, transportasi, dan manufaktur untuk kebutuhan domestik hingga ekspor.

Industri produksi bauksit di China berpusat di provinsi Henan, Shanxi, Guizhou, dan Guangxi. Terdapat beberapa tambang bauksit terbesar, seperti tambang Wenfeng, Pingxiang, dan Zibo.

BACA JUGA:Gaji ASN Pemkab Rejang Lebong Terlambat, Ini Kata Pjs Bupati

4. Brasil

Di antara negara penghasil bauksit di dunia, Brasil berhasil mengamankan posisinya di peringkat keempat dalam daftar dengan volume produksi sekitar 31 juta metrik ton.

Jumlah produksi yang fantastik tersebut menjadikan sektor ini menjadi bagian penting dalam perekonomian negara tersebut.

Lewat pertambangan bauksit, kesempatan bekerja terbuka luas bagi ribuan orang untuk bisa berkarier di industri satu ini.

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu! Begini Cara Mencegah Anak Ikut Geng Motor

5. India

Daftar negara penghasil bauksit terbesar yang juga tidak mau kalah dengan lainnya, yaitu India. Dari data US Geological Survey (USGS), volume produksi bauksit mencapai angka 23 juta metrik ton di tahun 2023.

Industri aluminium di India sangat bergantung pada pasokan bauksit dalam negeri. Selain untuk kebutuhan domestik, hasil produksinya juga diekspor dalam jumlah tertentu.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah India telah mengambil langkah untuk meningkatkan angka produksi bauksit. Pada tahun 2019, pemerintah meluncurkan kebijakan mengenai produksi aluminium.

Selain meningkatkan angka produksi aluminium, kebijakan tersebut bertujuan untuk menarik investasi di sektor pertambangan dan pengolahan bauksit.

BACA JUGA:Gaji ASN Pemkab Rejang Lebong Terlambat, Ini Kata Pjs Bupati

Manfaat Bauksit

Berikut ini sejumlah manfaat bauksit untuk kehidupan manusia sehari-hari, dihimpun dari berbagai sumber:

Kategori :