Persiapkan dari Sekarang, Ini 6 Tips Tepat Menabung untuk Dana Pensiun

Kamis 03-10-2024,19:40 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Ketidaktepatan memilih instrumen investasi yang tepat bisa berisiko menggagalkan pencapaian tujuan keuangan pensiun kamu.

BACA JUGA:Cara Membuat Anggaran Rumah Tangga untuk Pemula, Mudah dan Pasti Berhasil

4. Amankan Asuransi

Di usia tua, kondisi kesehatan adalah tantangan yang lebih besar ketimbang saat kita masih di usia muda. Akan lebih baik bila kita mengamankan kebutuhan asuransi sejak dini. Yaitu, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. 

Mengapa harus diamankan sejak sekarang? Semakin tua usia kita, premi asuransi akan semakin mahal.

Dengan memiliki asuransi ketika kondisi masih sehat, kamu lebih leluasa memilih asuransi yang tepat sesuai dengan kondisi keuangan saat ini. 

BACA JUGA:Cara Membuat Anggaran Rumah Tangga untuk Pemula, Mudah dan Pasti Berhasil

Ada banyak cerita di mana seseorang yang sudah berusia menjelang pensiun baru akan memiliki asuransi, menghadapi kesulitan mendapatkan asuransi yang tepat karena premi sudah sangat mahal. 

Bila sejak dini kita menjalankan rencana keuangan dana pensiun dengan berinvestasi secara rutin, risiko pengeluaran mendadak dalam jumlah besar relatif sudah terkendali asalkan disiplin dijalankan secara jangka panjang sesuai komitmen.

5. Jaga Kesehatan Keuangan

Mengumpulkan tabungan hari tua dengan rajin berinvestasi secara berkala, membutuhkan komitmen jangka panjang. Supaya tetap bisa berinvestasi sesuai rencana yang telah disusun, pastikan senantiasa menjaga kesehatan keuangan. 

BACA JUGA:Kasus Pungli, 3 ASN Kementerian Perhubungan Divonis Penjara

Berikut ini beberapa cara menjaga keuangan tetap sehat:

- Pertama, menghindari utang konsumtif dan menjaga rasio utang sehat

Beban cicilan maksimal yang boleh ditanggung adalah 30% dari pendapatan rutin. Bila tanggungan cicilan kamu melebihi angka tersebut, itu berarti keuangan kamu kurang sehat.

Segera kurangi utang dan hindari mengambil utang konsumtif yang tidak mendesak seperti utang kartu kredit atau fasilitas paylater.

Kategori :