Coba Amati! Ini Tanda-tanda Alam Jika Sudah Masuk Musim Penghujan, Salah Satunya Muncul Awan Ini

Senin 07-10-2024,09:04 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Angin monsun adalah faktor penting yang mempengaruhi cuaca dan iklim di Indonesia. Perbedaan suhu antara daratan dan lautan menyebabkan terbentuknya angin ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa angin monsun baratan merupakan salah satu indikator kuat musim hujan di Indonesia.

Angin ini membawa uap air dari Samudra Pasifik menuju daratan Asia, dan biasanya mulai berhembus pada bulan Oktober hingga April. Inilah salah satu alasan mengapa curah hujan di Indonesia meningkat selama periode tersebut.

BACA JUGA:Prakiraan Jadwal Lengkap Datangnya Musim Hujan di Wilayah Jakarta Menurut BMKG

3. Meningkatnya Curah Hujan

Curah hujan yang mulai meningkat secara signifikan adalah tanda pasti bahwa musim hujan telah tiba. Pada beberapa wilayah, terutama yang berada di sisi pegunungan yang menghadap arah angin lembap (windward side), tingkat curah hujan bisa sangat tinggi.

Pola ini disebabkan oleh angin yang membawa uap air dari laut, yang kemudian bertemu dengan pegunungan sehingga memicu terjadinya hujan orografis.

Jadi, ketika sahabat camkoha mulai melihat hujan yang semakin sering turun, ini adalah salah satu pertanda jelas bahwa musim hujan sudah dimulai.

BACA JUGA:Daftar Harga Motor Honda Matic Terbaru Per Oktober Tahun 2024

4. Pertumbuhan Awan Hujan

Selain meningkatnya curah hujan, pertumbuhan awan hujan juga menjadi salah satu tanda alam bahwa musim hujan sudah dekat.

Pola cuaca yang tidak biasa, seperti angin kencang, suhu yang cenderung lebih tinggi, serta kelembapan udara yang semakin meningkat, semuanya berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan.

Salah satu jenis awan yang sering muncul menjelang hujan adalah awan cumulonimbus, yang biasanya terlihat tebal dan menjulang tinggi.

Jadi, ketika sahabat camkoha melihat langit mulai dipenuhi awan tebal, ini bisa jadi pertanda bahwa hujan lebat akan segera turun.

BACA JUGA:Ngeri! Pelecehan Seksual Terhadap Bocah di Panti Asuhan, Pemilik Panti dan Pengasuh Jadi Tersangka

5. Bunyi Petir di Siang Hari

Ada kepercayaan bahwa bunyi petir yang terdengar keras pada siang hari, khususnya sekitar pukul 12 siang, menandakan datangnya musim hujan.

Petir ini dianggap sebagai penanda bahwa perubahan cuaca sedang berlangsung dan musim hujan sudah semakin dekat.

Namun, di beberapa wilayah, bunyi petir ini juga bisa menandakan bahwa musim hujan akan segera berakhir. Jadi, jika sahabat camkoha mendengar suara petir di siang hari, cobalah perhatikan pola cuaca selanjutnya.

Kategori :