Cara Mudah Membersihkan Kulit Bebek dari Bulu Halus, Tak Perlu Pakai Mesin

Selasa 08-10-2024,16:02 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Namun, dengan adanya bulu tersebut sedikit banyak akan mengurangi selera makan, terlebih bagi mereka yang sensitif, seenak apapun masakan bebek.

Jadi bulu-bulu halus tersebut tentunya juga harus di bersihkan, bukan? Nah, untuk mencabut bulu halus bebek yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan pinset.

Tetapi cara ini tentunya akan membutuhkan kesabaran dan perlu waktu yang cukup lama karena bulu halus bebek sangat banyak terutama di daerah ekor.

Bayangkan jika tidak hanya satu bebek yang harus disiapkan, seperti pengusaha kuliner bebek atau yang tengah menyiapkan pesta dengan menu bebek. Cukup melelahkan dan membosankan, bukan?

BACA JUGA:5 Cara agar Sepatu Tidak Berjamur, Mudah dan Penting Dilakukan!

Cara Membersihkan Kulit Bebek dari Bulu Halus

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu halus pada bebek, yakni:

1. Gunakan lilin batik/malam

Pastikan karkas bebek dalam keadaan kering. Celup ke dalam lilin batik/malam yang panas, langsung angkat dan celup ke air biasa. Kupas bersih sisa malam yang menempel di karkas, Daging Bebek sudah terlihat bersih dan siap olah.

2. Bakar bebek di atas api

Selanjutnya bisa dengan membakar bebek diatas api. Bakarlah bebek di atas api sambil cabuti sisa bulu halus yang masih melekat di badan bebek.

Cuci kembali bebek dengan air bersih dengan bantuan sabut kelapa. Dengan dibakar, aroma daging bebek jadi lebih harum dan enak.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Hotel Murah di Malang, Harga Cuma Rp 100 Ribuan Per Malam

3. Garang di atas kompor

Jika tidak tersedia alat bakar atau arang untuk membuat api, ada satu cara yang lain. Garang bebek di atas api kompor sampai bulu halusnya habis terbakar dan kulitnya sedikit kering. Setelah itu cabuti bulu yang masih tersisa dengan bantuan pinset.

Nah itulah beberapa cara yang tepat untuk membersihkan daging bebek dari bulu-bulu yang akan mengganggu selera makan nantinya.

BACA JUGA:Tidak Serentak, Ini Prediksi Musim Hujan di NTB, Kapan Puncaknya?

Kandungan Dalam Bebek

Seperti diketahui, jika di dalam 100 gram daging bebek, akan terkandung sekitar 130 kalori dan beberapa nutrisi berikut:

- 19 gram protein
- 4–5 gram lemak
- 10 miligram kalsium
- 4,5 miligram zat besi
- 20 miligram magnesium
- 185 miligram fosfor
- 270 miligram kalium
- 60 miligram natrium
- 2 miligram zinc
- 14 mikrogram (µg) selenium
- 80 IU vitamin A
- 6 miligram vitamin C
- 77 miligram kolesterol
- Daging bebek pun mengandung asam lemak omega-3, vitamin B kompleks, khususnya vitamin B3 (niasin) dan vitamin B12 (kobalamin), folat, dan kolin.

BACA JUGA:Prediksi Awal Musim Hujan 2024 di Semua Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan, Cek Daerahmu

Manfaat Daging Bebek untuk Kesehatan

Kategori :