Operasi Zebra 2024 di Sidoarjo Digelar Dimana? Ini 6 Titik Lokasinya

Minggu 20-10-2024,14:47 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Cek, Ini Titik Lokasi Razia Operasi Zebra Semeru 2024 di Tuban, Awas Kena Tilang

3. Cek Kesiapan Kendaraan

Salah satu syarat kendaraan yang lolos dari Operasi Patuh Jaya alias razia adalah memiliki bagian-bagian yang lengkap dan berada dalam kondisi normal. Ini termasuk spion lengkap di bagian kanan dan kiri, lampu sein menyala ketika dinyalakan, begitu pula lampu utama.

Mungkin, di siang hari, penggunan lampu utama ini kurang efektif menurut Anda, padahal sekali lagi, petugas membuat peraturan ini demi keselamatan para pengguna jalan.

Lalu, masih ada lagi, yaitu knalpot. Anda pasti sering menjumpai, atau bahkan menjadi salah satu yang memodifikasi bagian motor satu ini. Entah menjadi bersuara lebih nyaring atau lebih menjeru seperti motor balap.

Namun, sayangnya penggantian knalpot yang tidak sesuai dengan aturan justru membuat Anda mudah terjaring razia. Jadi, lebih baik tidak melakukan modifikasi berlebihan, ya!

BACA JUGA:KPU Hentikan Debat Calon Wakil Bupati Bojonegoro, Apa Alasannya?

4. Agar Tak Kena Tilang, Penumpang Maksimal Dua Orang

Pernah melihat pengendara motor membonceng dua orang? Biasanya, ini lebih sering terjadi pada ibu-ibu yang mengantar anaknya pergi ke sekolah.

Sayangnya, ini adalah bentuk pelanggaran lalu lintas, karena kapasitas satu kendaraan roda dua maksimal dua orang. Kalau lebih, tentu akan sangat membahayakan, karena mengurangi keseimbangan.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Ada Tarif Khusus Transjakarta, MRT dan LRT Pada Hari Ini, Cuma Rp 1

5. Jangan Melawan Arus

Demi cepat sampai di tujuan, tak sedikit pengemudi yang memilih untuk melawan arus. Ini, biasanya terjadi kalau tempat memutar terlalu jauh dari destinasi tujuan.

Sangat disayangkan, karena tindakan ini sangat fatal dan menyumbang angka kecelakaan tertinggi. Jadi, sebaiknya selalu patuh pada peraturan lalu lintas, ya.

Itulah tadi mengenai titik razia Operasi Zebra 2024 di Sidoarjo, yang masih berlangsung hingga 27 Oktober.

Nutri Septiana

Kategori :