- Ijazah dan transkrip nilai yang sesuai dengan kualifikasi jabatan yang dilamar.
- Surat pengalaman kerja (jika diminta) dan surat keterangan lainnya yang relevan.
- Dokumen identitas diri seperti KTP, kartu keluarga, dll.
Jika semua dokumen yang diajukan sesuai dengan persyaratan, peserta akan dinyatakan lolos tahap administrasi dan berhak melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi.
BACA JUGA:Di Wilayah Ini, Mobil BMW Bekas Dijual dengan Harga di Bawah Rp 50 Juta
2. Seleksi Kompetensi
Seleksi kompetensi adalah tahap yang paling menentukan dalam proses kelulusan PPPK 2024. Ada dua jenis tes yang umumnya dilakukan pada tahap ini:
- Tes Kompetensi Teknis
Tes ini bertujuan untuk mengukur keterampilan dan pengetahuan spesifik yang dimiliki oleh peserta sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar.
Misalnya, bagi pelamar yang melamar sebagai tenaga pendidikan (guru), tes ini akan mengukur pengetahuan pedagogik dan teknis mengajar. Sedangkan untuk tenaga kesehatan, tes akan mengukur kemampuan medis atau keahlian khusus lainnya.
- Tes Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural (untuk jabatan tertentu)
Beberapa jabatan, seperti administrasi atau pejabat struktural, akan mengikuti tes yang mengukur aspek manajerial, sosial, dan kultural yang mendukung efektivitas kerja di lingkungan pemerintahan.
Tes ini termasuk penilaian terhadap kemampuan komunikasi, kepemimpinan, serta nilai-nilai sosial budaya yang dibutuhkan dalam pekerjaan pemerintahan.
Seleksi kompetensi umumnya dilaksanakan secara computer assisted test (CAT), yang menguji pengetahuan melalui serangkaian soal pilihan ganda yang diambil dari materi yang relevan dengan jabatan yang dilamar.
Sistem CAT ini juga memberikan nilai secara langsung dan transparan, yang memudahkan peserta untuk mengetahui hasilnya.
BACA JUGA:Ini Daftar Jenis Makanan Pembersih Paru-paru, Enak dan Mudah Didapat
3. Seleksi Wawancara atau Praktik Kerja
Beberapa posisi, terutama yang membutuhkan keterampilan praktis, mungkin juga akan melibatkan wawancara atau ujian praktik.