Tanda Kiamat, Berikut Penjelasan Lengkap Soal Dajjal, Nabi Isa hingga Imam Mahdi

Senin 22-05-2023,10:09 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

3. Greater Kaukasus 

Tempat lain yang pernah diduga menjadi tembok yajuj majuj adalah Greater Kaukasus. Lokasi ini berada diantara kawasan Georgia bagian utara serta Rusia bagian selatan. Dikutip dari pemberitaan sindonews, ada sebuah timbunan berupa dinding yang terbuat dari besi dan tembaga di Pegunungan Kaukasus. Tempat ini terletak di kawasan sempit antara dua bukit Darial. Tempat tersebut dikenal sebagai Dariel Pass yang memiliki tinggi mencapai 3,950 kaki dari permukaan laut.

4. Tembok Besar Tiongkok 

Tembok besar China adalah serangkaian benteng yang dibangun untuk melindungi kawasan tersebut. Dinding ini membentang dari Liaodong di Timur dan Danau Lop di Barat.

Sejak dulu, sebenarnya sudah cukup banyak teori yang mengatakan bahwa tembok besar ini adalah tempat Yajuj Majuj dikurung. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan. Karena sesuai ajaran Islam, tembok Yajuj Majuj ini berada di sisi Timur dunia, sedangkan Great Wall China ada di sebelah Utara dunia.

 

BACA JUGA:Usia 81 Tahun Masih Bisa Ajukan Pinjaman ke Kantor Pos, Plafon hingga Rp 250 Juta Angsuran Mulai Rp 300 Ribu

Kemunculan Dabba 

Dabbah adalah salah satu tanda akan terjadinya kiamat besar berupa hewan melata. 

Hanya Allah SWT yang tahu pasti tentang rupa hewan ini. Namun, hadis Rasulullah telah memberikan penjelasan sedikit mengenai ciri-ciri dan tugas dabbah.

Kemunculan dabbah terkesan kurang masuk akal dan sulit dipercaya. Kendati demikian, sudah kewajiban bagi setiap muslim untuk memercayainya.

Sebab, kedatangannya telah disebutkan dalam Al-Qur'an Surah An-Naml ayat 82. Allah berfirman yang artinya,

"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan dabbah (sejenis binatang melata) dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." (QS. An-Naml, [27]:82).

Istilah dabbah berasal dari bahasa Arab, yakni دابة. Biasanya, dabbah bersanding dengan kata Al-Ardh.

Dalam bahasa Arab, dabbah bisa berarti 'binatang' saja atau 'monster', sedangkan Al-Ardh artinya 'bumi'. Ini artinya, dabbah al-Ardh (دابة الأرض) adalah binatang buas atau monster yang berasal dari bumi.

Selain dari Al-Qur'an, kemunculan hewan ini juga telah dikabarkan lewat hadis Rasulullah. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

Kategori :