Iklan RBTV

Kalimat Sopan yang Harus DC SPayLater Gunakan Saat Menagih ke Rumah Debitur

Kalimat Sopan yang Harus DC SPayLater Gunakan Saat Menagih ke Rumah Debitur

--

NASIONAL, RBTV.DISWAY.ID - Banyaknya kasus kunjungan debt collector (DC) ke rumah dengan nada intimidasi, membuat banyak masyarakat ketakutan mengjukan kredit di fitur Shopee PayLater.

Untuk informasi, Shopee PayLater (SPayLater) adalah fitur "beli sekarang, bayar nanti" dari Shopee yang memungkinkan pengguna berbelanja dan membayar di kemudian hari, baik secara penuh di bulan berikutnya atau dicicil selama beberapa bulan (misalnya 3, 6, atau 12 bulan).

BACA JUGA:Galbay di SPinjam dan SpayLater, Apakah DC Lapangan Tetap Sama

Dengan kemudahan yang ditawarkannya ini, membuat parusahaan tersebut membutuhkan bantuan DC lapangan untuk bertugas langsung ke lapanga untuk mengingatkan dan menagih kepada debitur yang mengalami telat atau gagal bayar.

Namun, DC lapangan Shopee tidaklah semenyeramkan itu. DC ditugaskan bersamaan dengan aturan resmi dari OJK. Salah satunya adalah tidak diperbolehkan untuk melakukan tindak kekerasan dan juga intimidasi kepada debitur.

BACA JUGA:Galbay di SPinjam dan SpayLater, Apakah DC Lapangan Tetap Sama

Lalu, seperti apa kalimat sopan yang harus DC ucapkan ketika berkunjung ke rumah debitur untuk melakukan penagihan utang?

Kalimat penagihan yang benar oleh DC lapangan Shopee PayLater saat datang ke rumah adalah dengan menginformasikan identitas, menjelaskan tujuan kedatangan, dan menagih pembayaran tagihan yang menunggak. 

Umumnya, DC lapangan akan memperkenalkan diri terlebih dahulu, menjelaskan bahwa mereka adalah perwakilan penagihan, dan menyatakan bahwa kedatangannya bertujuan untuk menagih pembayaran Shopee PayLater yang belum dilunasi. 

BACA JUGA: Desa Wisata Hutan Mangrove 212, Kota Bengkulu Raih Terbaik ke-II Lomba Desa Wisata 2025

Contoh Kalimat yang Digunakan DC Lapangan

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat sopan dan yang seharusnya digunakan DC lapangan saat berkunjung ke rumah debitur:

  • "Selamat sore, Pak/Bu. Saya (Nama DC), dari pihak penagihan Shopee PayLater. Kami datang untuk menagih tagihan Anda yang sudah jatuh tempo."
  • "Permisi, apakah benar ini alamat kediamannya Bapak/Ibu (Nama Pengguna)? Saya petugas penagihan dari Shopee PayLater yang bertugas untuk menindaklanjuti keterlambatan pembayaran Anda."
  • "Bapak/Ibu, tagihan Shopee PayLater Anda saat ini sudah menunggak dan kami datang untuk melakukan penagihan secara langsung di alamat ini."
  • "Mohon maaf, kami tidak bisa menerima alasan lain. Anda harus segera membayar tagihan Shopee PayLater untuk menghindari denda tambahan dan pemblokiran akun lebih lanjut." 

Jika dari awal DC yang berkunjung sudah menggunakan kalimat bernada tinggi dan mengintimidasi, maka sebaiknya debitur menghindar. Cari bantuan kepada pihak yang berwajib, OJK atau perusahaan yang berkaitan.

BACA JUGA:Peserta Mitra Statistik BPS 2026 yang Belum Capai Nilai Minimal Tes Kompetensi Bisa Ikut Remedial

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: