Iklan RBTV Dalam Berita

Sunan Gresik, Sosok yang Pertama Menyebarkan Islam di Tanah Jawa, Berdakwa Melalui Pengobatan

Sunan Gresik, Sosok yang Pertama Menyebarkan Islam di Tanah Jawa, Berdakwa Melalui Pengobatan

Sejarah Sunan Gresik--

BACA JUGA:Bingung Menentukan Plafon Rumah? Berikut Perbandingan Plafon Gypsum dan PVC

Untuk memudahkan dalam penyebaran agama Islam, Sunan Gresik mendirikan pesantren di Desa Sembalo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Pesantren ini menjadi pusat pembelajaran agama Islam di masa itu.

 

Selain mendirikan pesantren, Sunan Gresik juga membangun masjid Pesucinan. Konon, masjid ini merupakan masjid tertua yang ada di Pulau Jawa.

 

BACA JUGA:Mengenal BBM Terbaru Bioetanol, Apa Bedanya dengan Pertamax dan Pertalite, Ini Penjelasannya

Sebagai wali yang pertama menyebarkan agama Islam di Jawa, Sunan Gresik sangat cerdas dalam cara dakwahnya. Bapak Sunan Ampel ini sukses menarik simpati masyarakat Jawa untuk belajar Islam. 

 

Banyak yang awalnya beragama Hindu dan Budha kemudian mengucapkan dua kalimat syahadat. Kesuksesan cara dakwah Sunan Gresik dapat dilihat dari jumlah pemeluk agama Islam yang terus bertambah. 

 

BACA JUGA:Pertamina Jual BBM Baru dari Tebu dan Singkong Bulan Ini, Apa Keunggulan dan Berapa Harganya?

Selain dikenal sebagai seorang wali yang menyebarkan Islam, kakek Sunan Bonang dan Sunan Drajat ini juga menjadi seorang tabib. Ia banyak mengobati masyarakat terutama dari kalangan menengah ke bawah secara gratis. 

 

Sunan Gresik memanfaatkan kemampuan mengobati orang itu sebagai strategi berdakwah. Nilai-nilai yang mencerminkan Islam ia terapkan dalam praktik pengobatan ini. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: