Iklan dempo dalam berita

Jangan Pura-pura Tuli, Ini 14 Larangan di Bulan Dzulhijjah, Umat Muslim Mesti Tahu

Jangan Pura-pura Tuli, Ini 14 Larangan di Bulan Dzulhijjah, Umat Muslim Mesti Tahu

Jangan Pura-pura Tuli, Ini 14 Larangan di Bulan Dzulhijjah, Umat Muslim Mesti Tahu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini penting buat seluruh umat muslim. Bulan Dzulhijjah memiliki beberapa syariat dalam Islam. Arti dari Dzulhijjah terdiri dari dua kata, yaitu kata Dzul dan Al Hijjah. 

 

Dzul dapat diartikan sebagai pemilik, sedangkan Al Hijjah yang diartikan sebagai haji. Alasan diberikan nama bulan Dzulhijjah, karena saat zaman Jahiliyah orang Arab melakukan ibadah haji di bulan tersebut. Bulan Dzulhijjah termasuk bulan ke- 12 dan terakhir dalam penanggalan Hijriyah.

 

BACA JUGA:Belum Mampu Berangkat Haji Jangan Putus Asa, Gus Baha: Lakukan Amalan Ini Biar Rezeki Datang

 

Saat dalam bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang khusus untuk melakukan amalan-amalan. Tetapi ada sedikitnya 14 larangan yang tidak boleh dilakukan saat bulan ini. Berikut penjelasan mengenai larangan di bulan Dzulhijjah:

 

1. Memberi Kesusahan pada Orang Lain

 

Dari Aisyah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Ya Allah, barang siapa yang mengurusi umatku lantas dia merepotkan (membuat susah) umatku, maka repotkanlah dia.” (HR. Muslim)

Hadis ini menjelaskan mengenai doa dari Rasulullah Saw terhadap orang yang diberikan kemudahan oleh Allah untuk mengurusi kaum sesamanya, tetapi dia tidak melakukannya dengan baik malah memberikan kesusahan. Maka, orang tersebut akan mendapatkan kesusahan pula.

Sedangkan, orang yang memberikan kemudahan dan mengurusi urusan kaum sesamanya dengan baik walaupun ada yang di luar kemampuannya. Maka orang tersebut akan mendapatkan pahala.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: