Iklan RBTV Dalam Berita

8 Ratu Gaib di Tanah Jawa Termasuk Kanjeng Ratu Kidul, Siapa yang Paling Sakti

8 Ratu Gaib di Tanah Jawa Termasuk Kanjeng Ratu Kidul, Siapa yang Paling Sakti

8 Ratu Gaib di Tanah Jawa Termasuk Kanjeng Ratu Kidul, Siapa yang Paling Sakti--

Berasal dari bangsa manusia, ia melakukan moksa bersama Prabu Siliwangi karena dia merupakan salah satu Punggawa Pajajaran.

Ia bertugas penjaga gembok gerbang Pajajaran menurut cerita kesaktian Nyi Lodaya mampu menandingi Ratu Laut Kidul.

 

BACA JUGA:Disayang Khodam Sunan Kalijaga, 5 Weton Ini Dipercaya Hidupnya Tak Pernah Melarat

 

8. Kanjeng Ratu Kidul

 

Berasal dari bangsa halus, merupakan keturunan dewa. Ditugaskan menjaga laut selatan. Dia juga yang mebawahi Nyi Roro Kidul, Dewi Lanjar serta Nyi Blorong.

 

Legenda Nyi Roro Kidul

 

Saat mengunjungi berbagai pantai yang terdapat di pesisir selatan Pulau Jawa, tentu pernah mendengar atau melihat larangan untuk mengenakan busana berwarna hijau. Konon katanya, hal tersebut dianggap pamali dan mendatangkan bahaya lantaran hijau adalah warna khas sang penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul.

Meski terdapat berbagai alasan logis terkait pelarangan berbusana hijau, tidak dapat dimungkiri legenda Nyi Roro Kidul akan selalu melekat dengan pantai selatan Pulau Jawa. Namun, apakah Anda mengetahui kisah ratu penguasa pantai selatan tersebut?

Dirangkum dari berbagai sumber, legenda Nyi Roro Kidul mengisahkan seorang putri cantik yang tinggal di Kerajaan Pakuan Pajajaran yang terletak di Jawa Barat. Nama putri tersebut adalah Kandita.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: