Iklan RBTV Dalam Berita

6 Negara Ini Dihantam Gelombang Panas Ekstrem, Bagaimana dengan Indonesia?

6 Negara Ini Dihantam Gelombang Panas Ekstrem, Bagaimana dengan Indonesia?

daftar negara yang mengalami gelombang panas--

Bagaimana dengan Indonesia?

 

Kondisi geografis Indonesia disebut menguntungkan sehingga tidak dilanda gelombang panas seperti yang dialami sejumlah negara tetangga yakni Vietnam, Laos dan Thailand.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) Dwikorita Karnawati mengungkap sejumlah kondisi geografis yang menguntungkan RI tersebut.

Wilayah Indonesia merupakan kepulauan, dengan lebih dari 60 persen-nya adalah lautan, bukan benua atau daratan yang luas.

“Sehingga fenomena heatwave yang berdampak pada peningkatan suhu udara sulit terjadi di wilayah Indonesia,” ucapnya.

“Fungsi lautan itu sebagai pendingin, sehingga sulit untuk mengalami gelombang panas,” lanjutnya.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menambahkan kondisi yang dialami Indonesia saat ini hanya panas terik harian.

“Kalau melihat apakah sudah mengalami heatwave, saat ini di Indonesia tidak mengalami heatwave, ini adalah panas terik variasi harian,” ucapnya.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko menjelaskan suhu panas di wilayah Asia dipengaruhi salah satunya oleh gerak semu Matahari. Faktor yang mempengaruhi lainnya adalah pemanasan global.

“Para pakar iklim menyimpulkan bahwa tren pemanasan global dan perubahan iklim yang terus terjadi hingga saat ini berkontribusi menjadikan gelombang panas semakin berpeluang terjadi lebih sering,” ujarnya dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Gelombang panas, kata Urip, punya beberapa karakteristik. Pertama, gelombang panas umumnya terjadi pada wilayah yang terletak pada lintang menengah hingga lintang tinggi, di belahan Bumi bagian utara atau selatan.

Kedua, terjadi pada wilayah geografis yang memiliki atau berdekatan dengan massa daratan dengan luasan yang besar, atau wilayah kontinental atau sub-kontinental.

“Sementara wilayah Indonesia terletak di wilayah ekuator, dengan kondisi geografis kepulauan yang dikelilingi perairan yang luas.”

BACA JUGA:Matahari Buatan China Pecahkan Rekor, Lebih Panas dari Matahari Sebenarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: