Iklan dempo dalam berita

Kisah Kurban Sudah Ada Sejak Nabi Adam, Berikut Cerita Kurban para Nabi

Kisah Kurban Sudah Ada Sejak Nabi Adam, Berikut Cerita Kurban para Nabi

Sejarah kurban sudah ada sejak zaman Nabi Adam--

Nabi Adam pun meminta kedua putranya untuk menyiapkan kurban kepada Allah SWT. Kurban siapa yang diterima Allah, maka dialah yang berhak menentukan dengan siapa akan menikah.

BACA JUGA:Listrik di Seluma Sering Padam, Ini Kata Gubernur Rohidin

 

Habil yang hidup sebagai penggembala, mempersiapkan kurban dengan membawa domba jantan terbaik miliknya ke atas bukit. Sementara Qabil yang hidup di bidang pertanian membawa hasil pertaniannya yang paling jelek untuk digunakan sebagai kurban. 

 

Merekapun menunggu hasil penilaian oleh Allah SWT kurban siapa yang akan diterima. Tak lama kemudian, sebuah api muncul di atas bukit dan melahap kurban kambing yang di kurbankan oleh Habil, sedangkan kurban hasil pertanian milik Qabil masih utuh diatas bukit, hal ini menandakan bahwa kurbannya tidak diterima oleh Allah SWT.

 

Melihat kenyataan tersebut, Qabil tidak terima dan sangat marah sehingga ingin membunuh Habil. Sebagaimana dalam firman Allah SWT dalan Surat Al – Maidah ayat 27 yang artinya:

 

“Ceritakanlah (Muhammad) kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!”. Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa”. (QS. Al-Maidah : 27).

BACA JUGA:Sholat Idul Adha di Tais, Gubernur Bengkulu Ajak Masyarakat Teladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

 

Dari kisah sejarah tentang kurban tersebut dijelaskan hendaknya kita berkuban dari hewan terbaik yang dimiliki serta meniatkan di hati kita bahwa semua ibadah ini hanya semata-mata mengharapkan ridha Allah SWT semata.

 

Kurban pada Zaman Nabi Ibrahim AS 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: