Iklan dempo dalam berita

Asal-usul Nama Kota Balikpapan, Mulai dari Legenda Papan yang Hilang Hingga Putri Petung

Asal-usul Nama Kota Balikpapan, Mulai dari Legenda Papan yang Hilang Hingga Putri Petung

Asal-usul Nama Kota Balikpapan, Mulai dari Legenda Papan yang Hilang Hingga Putri Petung--

Penentuan usia Balikpapan sendiri dikaitkan dengan pengeboran pertama Sumur Minyak Mathilda pada 10 Februari 1897 lalu. Inilah hari yang ditetapkan sebagai hari pertama Kota Balikpapan berdiri.

 

Namun, soal asal-usul Kota Minyak sampai sekarang masih misteri. Karena ada 4 legenda rakyat yang berkembang dan disebut sebagai awal mula penamaan kota tersebut. Keempat legenda memiliki alur cerita yang berbeda, namun uniknya, latarnya sama;Teluk Balikpapan.

 

Bagi yang sejak kecil tinggal di Balikpapan dan wilayah sekitarnya seperti PPU dan Paser. Legenda-legenda ini sempat masuk kurikulum sekolah loh. Coba ingat-ingat, mana yang pernah kamu dengar. Dan kamu percayai sampai sekarang?

 

BACA JUGA:Ini 10 Kota Paling Tidak Toleran, Cek Kota Anda

 

1. Papan yang Hilang

 

Pada tahun 1739, saat ‘cikal Balikpapan’ masih menjadi wilayah Kesultanan Kutai. Sang pemimpin, Sultan Aji Muhammad Idris memerintahkan penduduk Desa Balipapan. Menyumbang seribu lembar papan untuk pembangunan istana di Kutai Lama.

 

Papan yang diminta dikirim ke Kutai Lama lewat air. Tapi setiba di lokasi, ada 1o lembar papan yang terlepas dan hilang. Papan-papan itu lalu ketemu di daerah bernama Jenebora dan langsung dikirim ke Kutai Lama.

 

Peristiwa papan yang hilang ini dipercaya menjadi asal-usul nama Balikpapan yang berasal dari “Baliklah Papan Itu”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: