Iklan dempo dalam berita

Asal-usul Nama Kota Balikpapan, Mulai dari Legenda Papan yang Hilang Hingga Putri Petung

Asal-usul Nama Kota Balikpapan, Mulai dari Legenda Papan yang Hilang Hingga Putri Petung

Asal-usul Nama Kota Balikpapan, Mulai dari Legenda Papan yang Hilang Hingga Putri Petung--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Siapa yang tidak kenal dengan Kota Balikpapan, sebuah kota utama di Kalimantan Timur (Kaltim). Balikpapan atau dikenal Kota Beriman merupakan salah satu kota yang memiliki pusat bisnis dan industri perekonomian terbesar di seluruh Kalimantan.

 

Kota Balikpapan yang kini berusia 126 tahun, ternyata memiliki 4 legenda yang menjadi asal-usul nama kota tersebut.

 

BACA JUGA:Cerita Mistis di Balik Asal-usul Nama Kota Pontianak, Dikaitkan dengan Sosok Kuntilanak

 

Selama puluhan tahun sebelum Bandara APT Pranoto membagi jumlah pergi dan kedatangan. Kota Balikpapan adalah pintu gerbang Kalimantan Timur. Keberadaan bandara berkelas internasional dan pelabuhan antarpulau. Menjadikan kota di tenggara Kaltim sebagai kota transit.

 

Karenanya, Balikpapan lebih dulu maju pesat ketimbang Kota Samarinda dan Kota Bontang. Belum lagi keberadaan minyak bumi yang melimpah. Membuat kota ini kerap kedatangan ekspatriat. Imbasnya, industri perhotelan dan pusat perbelanjaan maju signifikan.

 

Sebanyak 10 wali kota telah memimpin Balikpapan sejak 1960 hingga sekarang. Beberapa di antara wali kota dan wakilnya, adalah politisi besar Bumi Etam, seperti mendiang Imdaad Hamid dan Mukmin Faisyal, Rizal Effendi, Heru Bambang, dan wali kota saat ini Rahmad Mas’ud.

 

BACA JUGA:Ini 10 Kota Tersepi di Indonesia, Nomor 5 dan 7 Tetangga Bengkulu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: