Iklan dempo dalam berita

Pahala Berlipat di Bulan Muharram, Ini Deretan Keistimewaan dan Amalannya, Masyaallah

Pahala Berlipat di Bulan Muharram, Ini Deretan Keistimewaan dan Amalannya, Masyaallah

Keutamaan bulan muharram bagi umat Islam--

Sejarah Malam 1 Suro dalam kalender Jawa dimulai untuk memperkenalkan kalender Islam di kalangan masyarakat Jawa. Pada tahun 931 H atau sekitar tahun 1443 Jawa, pada masa pemerintahan Kerajaan Demak, Sunan Giri II melakukan penyesuaian antara sistem kalender hijriyah dan kalender Jawa.

Sultan Agung Hanyokrokusumo bertekad untuk menyatukan rakyatnya dalam perjuangan melawan Belanda di Batavia serta menjaga persatuan Pulau Jawa. Beliau tidak ingin adanya perpecahan dalam masyarakat akibat perbedaan keyakinan agama.

Dalam upaya itu, setiap Jumat legi, dilakukan laporan pemerintahan setempat sambil diadakan pengajian yang dipimpin oleh para penghulu kabupaten. Selain itu, dilakukan pula ziarah kubur dan haul ke makam Ngampel dan Giri.

Sejak saat itu, 1 Muharram atau 1 Suro Jawa yang jatuh pada hari Jumat legi dianggap sebagai hari yang sakral. Bahkan dianggap kurang baik jika ada orang yang memanfaatkan hari tersebut untuk kegiatan di luar seperti acara hiburan. Kegiatan mengaji, ziarah, dan haul sudah menjadi tradisi yang dijunjung tinggi.

BACA JUGA:Aneh, 5 Tanggal Lahir Ini Tidak Senang Lihat Teman Sukses dan Banyak Uang

Malam 1 Suro memang memiliki makna dan tradisi yang kaya di baliknya. Sebagai bagian dari budaya Jawa yang kaya warisan, perayaan Malam 1 Suro ini merupakan momen untuk merayakan awal tahun dengan penuh kehormatan dan ketenangan. Semoga pemahaman ini dapat menambah wawasan kita mengenai Malam 1 Suro. 

 

Demikian.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: